Deretan Teknologi Pertanian Terbaru di Indonesia

Inovasi Desa | DiLihat : 502 | Rabu, 29 Mei 2019 | 09:55
Deretan Teknologi Pertanian Terbaru di Indonesia

Dalam kurun waktu 100 tahun ini berbagai teknologi ditemukan oleh manusia dan mulai berkembang pesat. Mulai dari bidang transportasi hingga informasi, tidak terkecuali dunia pertanian. Teknologi pertanian dibuat oleh manusia untuk mempermudah berbagai pekerjaan yang dilakukan. Teknologi pertanian terbaru di Indonesia pun semakin bagus.Tidak hanya pemerintah dan universitas, bahkan perusahaan swasta pun mulai masuk untuk mengembangkan teknologi di bidang ini. Hal ini merupakan pertanda bahwa pertanian Indonesia merupakan pasar yang menarik dan siap naik kelas.

Di Indonesia, perkembangan teknologi pertanian sebenarnya sudah sangat lama,. Misalnya saja alat pertanian seperti cangkul, sabit, ani-ani, dan alat lainnya sudah dapat menjadi contoh teknologi pertanian, yang pada zamannya sangat membantu kehidupan petani.

Semenjak manusia mengembangkan mesin-mesin pertanian, teknologi pertanian yang sederhana mulai ditinggalkan karena dianggap tidak produktif. Di perdesaan, Anda dapat menemui hand tractor, penggiling padi, hingga tressure sudah digunakan dan dikenal oleh para petani. Sebagai seorang petani, berikut ini ada 3 jenis teknologi pertanian yang akan mampu meningkatkan produksi pertanian Anda.

1. Benih unggul

Semua proses pertanian kini hampir semua tidak lepas dari teknologi. Bahkan, perusahan benih menawarkan teknologi perbenihan dalam rangka menghasilkan benih unggul. Contoh benih unggul adalah benih jagung hibrida. Jagung ini memiliki rendemen bonggol yang tinggi, biji yang makin banyak, dan masa tanam yang lebih singkat.

2.  Pupuk kimia

Perusahaan obat-obatan dan pupuk kimia menggunakan teknologi canggih dan menawarkan berbagai macam produknya untuk membantu meningkatkan produktivitas serta menangani hama pertanian.

3. Alat pertanian modern

Perusahaan-perusahaan alat pertanian pun berlomba-lomba menawarkan produknya. Mulai dari mesin pompa air hingga hand tractor. Selain itu, mesin-mesin yang digunakan untuk pengolahan setelah panen pun semakin banyak dan memiliki fitur-fitur canggih yang memudahkan petani masa kini.

pertanianku