Rumput Dapat Dijadikan Sedotan Ramah Lingkungan, Bagaimana Bisa?

Lifestyle | DiLihat : 478 | Senin, 20 Mei 2019 | 09:27
Rumput Dapat Dijadikan Sedotan Ramah Lingkungan, Bagaimana Bisa?

Setiap tahunnya ada 8 juta ton plastik yang mengejutkan bermuara ke lautan. Di antaranya adalah sedotan plastik yang digunakan sehari-hari. Namun, Jika Trubus Mania ingin mengurangi penggunaan sedotan, maka kamu bisa mencoba inovasi baru sedotan dari rumput yang dipastikan ramah lingkungan dari Vietnam.

Inovasi tersebut dilakukan oleh seorang pengusaha muda asal Vietnam yang terinspirasi untuk membuat sedotan menggunakan rumput liar. Dilansir The Epoch Times, Tran Minh Tien merupakan pemilik perusahan Ong Hut Co yang memndirikan membuat dua jenis sedotan dari rerumputan yang tumbuh liar sepanjang Delta Mekong. Dijelaskan dalam sebuah video yang diunggah di facebook oleh VnExpress Internasional, rumput sedge memiliki batang berongga sehingga secara alami berbentuk seperti sedotan. Tran Minh Tien mencoba menbuat sedotan rumput yang terdiri dari sedotan segar dan sedotan kering. Untuk membuat sedotan rumput banyak hal yang harus dilalui, proses pertama melalui pencucian dan pemotongan rumput. setiap rumput dikumpulkan kemudian dipotong dengan ukuran panjang 20 sentimeter. Dan untuk membersihkan bagian dalam sedotan Tran Minh Tien menggunakan batang besi yang bersih. Pengecekan untuk memastikan sedotan benar-benar aman untuk digunakan sedotan tersebut dicuci sampai benar-benar bersih. 

Untuk sistem pengemasannya, 100 sedotan diikat menjadi satu dan dibungkus dengan daun pisang. Sedotan akan bertahan lama sampai dua minggu dilemari pendingin dan paling baik lagi dapat pula disimpan di tempat zipplock. Atau dengan cara lain agar sedotan bertahan lama, yaitu merebus sedotan dengan garam dan dibiarkan kering, kemudian baru disimpan ditempat kering dan sejuk. Menariknya, dua jenis sedotan ramah lingkungan ini juga dapat dimakan lho. Bahkan, dengan cara mengunyah sedotan setelah makan dapat membantu membersihkan gigi dan gusi. Sebab sedotan tersebut berbahan organik, juga dapat terurai secara alami, dan bebas dari kimia atau bahan pengawet sama sekali. 

Menurut VnExpress Internasional, harga sedotan yang ditawarkan sangat terjangkau. Untuk sedotan segar dijual dengan harga 2,6 sen dan sedotan kering dijual 4,3 sen. Sayangnya rumput tersebut hanya dijual di Vietnam saja, tetapi sedang dipertimbangkan untuk dapat menjaualnya dibnegara lain. Untuk kalian yang berminat membeli sedotan tersebut bisa didapatkan di Zero Waste Saigo, perusahaan di vietnam yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahayanya menguunakan setiap hari. 

trubus