Patani Indonesia Kembangkan Tren ‘Urban Farming’ di Panti Asuhan Kota Palembang

Ekonomi | DiLihat : 159 | Senin, 20 Mei 2019 | 09:23
Patani Indonesia Kembangkan Tren ‘Urban Farming’ di Panti Asuhan Kota Palembang

PALEMBANG – Dirut Pandu Tani (Patani) Indonesia, Sarjan Tahir mengatakan, pihaknya akan mengembangkan tren urban farming atau pertanian urban di lingkungan panti asuhan yang ada di Kota Palembang.

Hal itu diungkapkan Tahir di sela pembukaan Festival Panti Asuhan 2019 di Opi Mall Jakabaring, Minggu (19/05).

Berdasarkan Wikipedia Indonesia, pertanian urban sendiri memiliki makna praktik budidaya, pemrosesan, dan disribusi bahan pangan di atau sekitar kota. Pertanian urban juga bisa melibatkan peternakan, budidaya perairan, wanatani, dan hortikultura. Dalam arti luas, pertanian urban mendeskripsikan seluruh sistem produksi pangan yang terjadi di perkotaan.

Menurut Tahir, pengembangan urban farming ini dapat memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di sekitar panti asuhan. Urban farming diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan perekonomian panti asuhan sehingga membuatnya lebih mandiri.

“Kalau selama ini panti asuhan sering mendapat sumbangan, kini warga panti asuhan juga bisa menggerakkan ekonomi
dan bisa mengelola aktivitas panti masing-masing seperti sayur-sayuran, tanaman hias, bibit bahkan menanam kopi,” kata Tahir.

Tahir mengatakan, pihak Patani akan mendukung penuh program ini. Mulai dari pembinaan dalam pemberdayaan tanaman hingga pemasaran hasil urban farming.

“Program ini sudah berjalan diberbagai daerah, dan untuk Kota Palembang akan dilakukan sesudah Hari Raya Idul Fitri. Penghasilan dari urban farming 50% sama dengan rumah makan, dan rencana akan dipasarkan juga ke perumahan – perumahan dan kantor – kantor,” jelasnya.

Sementara Ketua Patani Cabang Palembang, Reza AR mengatakan, untuk menindaklanjuti program urban farming, pihaknya ke depan akan melibatkan Pemerintah Kota Palembang.

“(Sekarang) kita masih bekerja sama dengan dengan panti asuhan dan berencana akan bersinergi juga dengan Pemerintah Kota Palembang. Tak hanya urban farming, tapi juga nanti akan mengembangkan potensi ekonomi lain,” tukasnya.(irs)

fornews


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau