Wujudkan Lumbung Pangan Dunia Lewat Program Serasi

Ekonomi | DiLihat : 253 | Jumat, 03 Mei 2019 | 10:37
Wujudkan Lumbung Pangan Dunia Lewat Program Serasi

 Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) akan menjadi kunci dalam mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Program Serasi dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pertanian di daerah.“Pengembangan rawa melalui program Serasi ini diperlukan sinergi yang serius dari pemerintah daerah dan pusat,” ujar Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy, mengutip Republika, Kamis (25/4).

Menurutnya, keseriusan ini memiliki motivasi dan basis tujuan yang sangat kuat, yakni untuk meningkatkan indeks dan produksi pertanian. Lebih dari itu, lanjut Edhy, Serasi dinilai program luar biasa karena mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga bermuara pada kesejahteraan.
“Tentu tujuan program ini untuk meningkatkan indeks kesejahteraan petani. Maka itu, kami juga sudah memberikan bantuan berupa benih unggul dan bermutu,” katanya.

Edhy berharap, program dapat mendorong petani milenial turun langsung ke sawah dan perkebunan Serasi. Langkah ini perlu dilakukan untuk memudahkan penggunaan teknologi yang diterapkan.

“Program ini mau tidak mau harus melibatkan petani milenial baik saat tanam maupun panen. Langkah ini untuk menggedor produksi dan bisa menstabilkan harga,” ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal (Sekdijen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Bambang Pamuji mengatakan bahwa program ini sudah menyentuh tahap panen. Hasilnya memuaskan karena berkualitas baik. Edhy menilai, semua itu tak lepas dari perhatian pemerintah dalam menyediakan berbagai bantuan seperti benih bersertifikat, benih unggulan, pupuk dolomit dan herbisida.

“Kemudian kami juga melakukan integrasi budidaya hortikultura yang selama ini sudah berjalan cukup baik,” katanya.

pertanianku