Taman Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru

Potensi Desa | DiLihat : 262 | Kamis, 11 April 2019 | 11:04
Taman Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru

Pernah jalan-jalan ke Pekanbaru, ibukota provinsi Riau ? Di sana terdapat banyak obyek wisata yang layak dikunjungi seperti Riau Fantasi, Kebun Bintang Sang Kulim, Danau Lembah Sari, Taman Rekreasi Alam Mayang, Istana Siak, Masjid Agung An-Nur, Pasar Bawah, Museum Sang Nila Utama, Air Terjun Aek Martua, dan Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim.

Namun dari sekian banyak obyek wisata, ada satu yang berbeda. Namanya Taman Agrowisata Tenayan Raya. Obyek wisata ini terletak di jalan Pesantren-jalan Kadiran, Kecamatan Tenayan Raya. Sekitar 10 km dari kota Pekanbaru. Jika menggunakan kendaraan roda empat dari Pekanbaru, cukup 10 menit saja sudah tiba di tempat ini.

Agrowisata milik Adi Prastowo ini dibangun di atas lahan sekitar 6 hektar. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini mengkhususkan di bidang agro. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, suasana pedesaan segera terasa. Selain udara yang segar, pemandangan panorama pertanian yang hijau juga turut menyejukkan suasana.

Di Taman Agrowisata ini pengunjung tidak hanya sekadar belajar bercocok tanam, namun juga belajar cara pemeliharaannya dari pembimbing. Memang, oleh pemiliknya, taman agrowisata ini didirikan dengan konsep agro-edukasi.Di dalam area Taman Agrowisata Tenayan Raya dapat dijumpai berbagai jenis tanaman dan sarana belajar sekaligus bermain. Ada tanaman buah dan sayuran seperti ketimun, jambu madu, melon. lengkeng, jagung, gambas, bawang, kangkung, cabai, dan lainnya. Pengunjung dapat memetik langsung buah dari pohonnya dan ikut panen sayuran.

Tidak hanya tanaman. Taman Agrowisata Tenayan Raya juga menyediakan area peternakan seperti kolam ikan, kambing, dan unggas. Pengunjung, khsususnya anak-anak, dapat belajar memancing dan memberi makan ikan. Atau ikut permainan menangkap ikan lele di kolam. Di jamin seru.

Di area peternakan kambing, anak-anak dapat merasakan memberi makan kambing. Tidak perlu menunggu hari raya Idul Adha untuk bertemu kambing. Selain itu Taman Agrowisata Tenayan Raya juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas, antara lain: Restauran, Flying Fox, area panahan, ayunan, saung, kebun jagung, kebun jambu, kebun mangga, kebun kelengkeng, sawah, kolam, dan arena outbound.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp. 5000, telah dapat menikmati taman agrowisata. Jika ingin mencoba paket edukasi, setiap anak cukup membayar Rp. 50.000. Orang tua dan guru pendamping tidak perlu membeli tiket.

Dengan membeli tiket paket edukasi pengunjung anak-anak dapat mencoba memetik jagung, menanam padi di sawah, memberi makan kambing, kelinci, dan bebek, menanam kangkung, ikut permainan tangkap ikan lele,  serta permainan tali gantung, menyeberangi jembatan, dan foto bersama. Asyiknya lagi, jagung yang dipetik dan kangkung yang ditanam di polibag boleh dibawa pulang. (555)

agronet


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau