Di FC-Keerom, Anda Bisa Dengarkan Musik Reggae dan Nikmati Buah Naga

Potensi Desa | DiLihat : 567 | Selasa, 02 April 2019 | 14:28
Di FC-Keerom, Anda Bisa Dengarkan Musik Reggae dan Nikmati Buah Naga

Ada yang baru jika Anda berniat mengunjungi Papua pada Mei 2019. Ini karena ada Festival Cross Border Keerom (FC-Keerom) di sana. Festival tersebut merupakan festival perdana yang menyajikan sensasi menikmati olahan buah naga ditemani musik reggae.

Digelar 3-5 Mei 2019 di Lapangan Swakarsa, Waris, Kabupaten Keerom, kegiatan ini akan mengupas tuntas semua kekayaan Papua dan semuanya akan di-display secara masif. “Dijamin seru, berpesta reggae bersama sambil menikmati buah-buahan segar hasil dari tanah Keerom,” tutur Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, sesuai dengan rilis yang Kompas.com terima, Selasa (2/4/2019).

Musisi reggae yang dihadirkan juga bukan sembarang. Nama-nama sekaliber Ras Muhammad, Gorby-The Comen Rasta, XD Band, dan Mixmate Band siap menyajikan sajian musik berkualitas kepada para pengunjung. Bicara potensi di Keerom, lanjut Ricky, wilayah tersebut memiliki kekuatan budaya yang dipadukan dengan kekayaan sumber daya alam (SDA). Apalagi Keerom merupakan salah satu sentra penghasil buah naga di tanah Papua.

“Keerom memiliki banyak kampung wisata, ditambah buah naganya sangat enak. Rasanya teramat menyegarkan bila dinikmati langsung,” ungkap Ricky. Tak hanya buah naga, di Festival Cross Border Keerom pengunjung juga dapat menyicipi olahan buah naga diantaranya ice cream, puding, sop buah, dan sebagainya. Untuk buah tangan, ada juga olahan berupa dodol dan selai buah naga. Festival Cross Border Keerom sendiri sedianya digelar 5-7 April lalu, namun sebagai bentuk duka atas bencana banjir dan longsor yang menimpa Sentani, Jayapura, akhirnya diputuskan berlangsung pada Mei ini.

“Festival ini terbuka untuk umum, maka dari itu kami mengundang seluruh masyarakat untuk datang di Keerom pada awal Mei nanti," tutup Ricky. Menawarkan banyak experience, FC-Keerom 2019 pun mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menyatakan, festival ini menjadi venue ‘terapi’ terbaik bagi wisatawan.

“Kalau lagi suntuk, datang saja ke FC-Keerom 2019, dijamin akan fresh. Konten caranya itu menarik dengan banyak artis besar. Keerom juga banyak menyimpan potensi lain, seperti buah naga ini,” tutupnya.

travel kompas