Daftar Buah-buahan yang Mampu Turunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Lifestyle | DiLihat : 355 | Kamis, 14 Maret 2019 | 11:17
Daftar Buah-buahan yang Mampu Turunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

JAKARTA - Jika tidak dikendalikan, kolesterol tinggi bisa memicu terjadinya stroke atau bahkan serangan jantung. Selain dengan berolahraga dan minum obat kolesterol, kamu harus perhatikan apa saja yang kamu makan.

Dihimpun dari berbagai sumber, jika kamu ingin menjaga atau menurunkan kadar kolesterol maka pastikan kamu mengonsumsi daftar buah-buahan berikut ini:

1. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat juga mengandung beta-sistosterol yang merupakan jenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap makanan.

2. Jambu biji
Karena buah jambu biji mengandung kalium dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Selain kalium dan serat larutnya, kandungan vitamin dan mineral dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah berbagai penyakit jantung.

3. Berries (strawberry, blueberry, cranberry)
Keluarga beri kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL.

4. Jeruk
Kandungan vitamin C ini dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk memiliki serat larut yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam makanan. Jeruk juga memiliki kandungan d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh.

5. Apel
Salah satu fungsi yang dapat menurunkan kolesterol adalah kulit apel yang mengandung pektin. Pektin merupakan serat larut yang dapat menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan pektin ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari makanan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

6. Pepaya
Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi, hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah.

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang akan menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

jitunews