Wisata Bogor, Kunjungi Curug Ciastana yang Indah Mirip Tirai Air

Potensi Desa | DiLihat : 314 | Rabu, 06 Maret 2019 | 10:03
Wisata Bogor, Kunjungi Curug Ciastana yang Indah Mirip Tirai Air

JAKARTA - Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan. Salah satunya berkunjung ke tempat wisata. Jika Anda masih bingung menentukan lokasi, tempat yang satu ini cocok menjadi referensi. Namanya Curug Ciastana.

Curug yang berada di Cianjur Selatan ini memiliki debit air yang deras. Dinamakan Curug Ciastana karena tak jauh dari lokasi tersebut terdapat sebuah pemakaman warga. Dalam bahasa Sunda, astana berarti makam. Hal itu pula yang menjadikan air terjun ini bernama Curug Ciastana. Menariknya, curug ini memiliki aliran yang lebar sehingga ketika dilihat lebih mirip tirai.Curug Ciastana memiliki keunikan, dibandingkan curug lainnya di Cianjur Selatan, yaitu memiliki bentuk bertingkat dan sedikit lebar. Mirip sebuah tirai panjang. Tingkatan pertama tingginya 50 meter, sementara yang kedua lebih rendah. Kedua aliran tersebut membentuk danau kecil yang sering dijadikan tempat berendam oleh wisatawan.

Selain berendam di air yang bening dan segar, pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan meloncat dari bebatuan yang tak terlalu tinggi. Kolam airnya tak begitu besar, tetapi cukup menyenangkan jika Anda berenang di sini. Kawasan ini benar-benar menyajikan suasana yang alami.

Curug Ciastana belum dikelola secara resmi oleh pihak mana pun, baik itu pemerintah daerah atau pemerintah desa dan Karang Taruna setempat. Makanya objek wisata ini masih minim fasilitas umum. Jangankan toilet dan kamar ganti, loket masuknya juga belum ada. Karena itu, biaya masuk ke objek wisata ini masih gratis. Anda hanya membayar biaya parkir saja kepada warga yang rumahnya dijadikan lahan parkir. Tarifnya Rp2.000.

Secara administratif, Curug Ciastana berlokasi di Kampung Sinarmuda, Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk sampai ke Curug Ciastana, hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua. Karena letaknya sangat terpencil, jalannya juga sempit dan berbatu.

Akses untuk menuju Curug Ciastana cukup melelahkan. Sepanjang jalan masuk desa terdekat dengan Ciastana hanya batu terjal dan pasir yang sangat licin saat hujan tiba. Selain baju ganti, Anda wajib membawa bekal saat liburan ke Curug Ciastana. Pasalnya, tidak banyak warung makan di sekitar objek wisata ini. Bagaimana, tertarik berwisata ke air terjun eksotis ini?

Editor : Tuty Ocktaviany
inewsid


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau