Pesona Taman Edukasi Pertanian, Destinasi Wisata Bumdes Banjarsari

Potensi Desa | DiLihat : 404 | Selasa, 26 Februari 2019 | 11:02
Pesona Taman Edukasi Pertanian, Destinasi Wisata Bumdes Banjarsari

JOMBANG - Berwisata sekaligus mempelajari tanaman? Banjarsari Agro Community (BAC) di Kabupaten Jombang Jawa Timur bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi. Di lokasi ini, ratusan jenis tanaman tumbuh dan terhampar indah. Sebagai destinasi wisata buatan, Banjarsari Agro Community menawarkan konsep berwisata sembari belajar tentang beragam jenis tanaman bagi pengunjung.

Memasuki taman wisata dan edukasi pertanian ini, pengunjung bisa menikmati keindahan beragam jenis tanaman yang tumbuh dan tertata rapi di sepanjang ruas lintasan taman. Dari lintasan yang berada di kawasan taman, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan aneka tanaman. Selain itu, pengunjung bisa menikmati keindahan aneka warna bunga yang sudah mulai mekar. Pesona Banjarsari Agro Community kian lengkap dengan munculnya kupu-kupu dan kumbang bersamaan dengan mekarnya aneka bunga di kawasan taman.

Selain aneka tanaman bunga dan sayuran, di taman wisata Dusun Ponggok Desa Banjarsari ini juga terdapat beberapa jenis hewan. Ada taman kelinci, kolam ikan, serta kera dan ular. Destinasi wisata buatan ini juga dilengkapi dengan adanya kolam pancing, gubug untuk menikmati kuliner lokal yang menghadap ke kolam ikan, serta sirkuit.

"Suasananya indah, menyenangkan," kata Lia Rahmawati, salah satu pengunjung Banjarsari Agro Community. Perempuan asal Jombang tersebut berkunjung ke taman wisata dan edukasi pertanian bersama dengan seorang temannya. Untuk menarik minat pengunjung, pengelola Banjarsari Agro Community juga menyiapkan wisata petik buah. "

Ada wisata petik buah. Ada buah jambu, buah Blimbing dan buah Klengkeng," ujar Kepala Desa Banjarsari, Basyaruddin Saleh. Wisata petik buah, jelas Basyaruddin, tersedia di tiga titik di kawasan taman. Namun, wisata petik buah baru bisa diakses pengunjung pada Maret 2019. "Kalau sekarang belum waktunya (memetik), sekitar bulan Maret sudah bisa dibuka untuk pengunjung yang ingin menikmati wisata petik buah," katanya.

Banjarsari Agro Community atau disingkat BAC berada di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Lokasinya tepat berada di belakang Kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo.

Destinasi wisata dan edukasi pertanian ini resmi dibuka pada awal Oktober 2017. Destinasi wisata ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes) Banjarsari. BAC menempati tanah kas desa dengan luas lahan 10 hektar. Lokasi yang ditempati, dulunya merupakan pusat pembibitan tanaman dan areal persawahan milik desa. Sejak tahun 2017, kawasan ini dikembangkan dan disulap menjadi destinasi wisata dan edukasi pertanian.

Pengembangan dari pusat penangkaran benih menjadi destinasi wisata memerlukan perluasan lahan. Saat ini luas lahan yang dijadikan lokasi wisata dan edukasi pertanian mencapai 10 hektar. "Awalnya disini menjadi pusat penangkaran benih, programnya (Dinas) Pertanian Propinsi Jawa Timur. Dulu lahannya hanya 3 hektar. Lalu kami kembangkan menjadi kawasan wisata dan edukasi pertanian," ungkap Basyaruddin.

Dipaparkan, sejak diresmikan, jumlah pengunjung mengalami pasang surut. Namun saat ini, jumlah mulai stabil dibanding dibandingkan dengan kondisi beberapa bulan lalu. "Sempat tidak terawat baik, tapi kemudian kita perbaiki tata kelolanya. Sekarang pengunjung rata-rata 700 orang pada hari libur. Kalau hari-hari biasa 100 sampai dengan 200 pengunjung," kata Basyaruddin. "Target kami, taman ini menjadi tempat wisata sekaligus menjadi taman edukasi pertanian. Tenaga profesionalnya sedang kami siapkan," tambah Basyaruddin Saleh.

Penulis : Kontributor Jombang, Moh. SyafiĆ­
Editor : Farid Assifa
kompas


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau