Asah Kreativitas, Ciptakan Atap Hijau Hunian Modern

Lifestyle | DiLihat : 421 | Selasa, 26 Februari 2019 | 10:41
Asah Kreativitas, Ciptakan Atap Hijau Hunian Modern

Hunian modern dengan konsep ramah lingkungan bukan sekadar bangunan lingkungan sekitar rumah yang dipenuhi penghijauan. Melainkan juga pemilihan material bangunan modern yang sepenuhnya mendukung prinsip ramah lingkungan. Salah satunya adalah penggunaan atap bangunan yang terbuat dari bahan ramah lingkungan.Berkembangnya bisnis properti di tanah air, tentunya memberikan dampak positif bagi bisnis atap hunian yang bernuansa hijau tersebut. Produk yang baik harus memiliki kemampuan waterproofing layer, serta sistem drainase yang baik sehingga memudahkan perawatan, baik di musim kering maupun musim hujan.

Khusus kawasan perkotaan yang cenderung menghadapi krisis udara segar, pemilihan atap yang tepat akan mendukung upaya penghijauan di hunian yang dibangun.

“Namun, untuk mewujudkan itu diperlukan solusi yang konseptual dan berkelanjutan terkait kebutuhan desain atap yang kuat namun tetap ramah lingkungan dan cocok untuk daerah tropis,” kata Country Director PT Onduline Indonesia Tatok Prijobodo, mengutip Republika.

Menurutnya, solusi itu bisa dihasilkan melalui pemikiran dari para arsitek yang peduli dengan pembangunan bernuansa penghijauan. Mereka dapat mengeluarkan gagasannya sekreatif dan seinovatif mungkin terkait sistem green roof yang cocok untuk iklim tropis Indonesia.

Juga bagaimana sistem tersebut dapat terpasang pada atap bangunan dengan tetap memerhatikan berbagai isu teknis green roof, seperti kemampuan tahan air dan sistem drainase.

Karena itu, untuk menjaring pemikiran positif terkait bangunan ramah lingkungan tersebut, pihaknya menggelar kompetisi Onduline Green Roof Award (OGRA). Ajang yang kali ini bertema Tropical Green Roof System tersebut dapat diikuti arsitek muda, desainer interior, konsultan perencana dan kontraktor pelaksana yang telah berprofesi minimal satu tahun.

Pendaftarannya dibuka mulai 1 Februari hingga 30 Agustus 2019. “Syaratnya mudah, gagasan desain karya asli peserta dan belum pernah dipublikasikan dalam lomba apapun,” katanya. 


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau