Pembangunan Infrastruktur Harus Menyebar ke Pedesaan

Kabar Desa | DiLihat : 191 | Selasa, 19 Februari 2019 | 11:02
Pembangunan Infrastruktur Harus Menyebar ke Pedesaan

Jakarta: Pakar ekonomi Profesor Hermanto Siregar menyarankan kedua calon presiden (capres) berkomitmen menyebar pembangunan infrastruktur khususnya pertanian ke daerah-daerah pedesaan.
 
"Komitmen mereka (capres) untuk menyebarkan sarana-sarana infrastruktur yang ada ke daerah-daerah pertanian, itu barangkali tantangan ke depan," ujar Guru Besar Perbanas Institute tersebut dikutip dari Antara, Minggu, 17 Februari 2019.
 
Hermanto menjelaskan bahwa kalau pembangunan infrastruktur di daerah-daerah perkotaan bisa dilakukan oleh swasta seperti jalan tol, nantinya akan digunakan oleh kalangan menengah ke atas yang tidak ada masalah kalaupun harus membayar untuk menikmati sarana tersebut, karena mereka memiliki kemampuan. Namun, bagi masyarakat desa dan petani kalau infrastruktur tidak dibangun maka mereka tidak mampu untuk bisa membiayai apalagi memperbaiki pembangunan sarana infrastruktur tersebut.
 
"Pembangunan yang bisa dinikmati masyarakat kelas bawah, infrastruktur yang memang pembangunannya memiliki dampak ekonomi tetapi lebih pada pro-pedesaan atau pertanian," katanya.
 
Sebelumnya Hermanto Siregar memperkirakan kemanfaatan pembangunan infrastruktur selama empat tahun akan dibahas secara mendalam dalam debat kedua Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.
 
Guru Besar Perbanas Institute itu menjelaskan bahwa maksud dari kemanfaatan itu adalah infrastruktur dibangun kalau yang memanfaatkannya hanya sedikit orang dan yang sangat sedikit itu adalah kalangan menengah ke atas, apa juga gunanya infrastruktur tersebut.
 
Topik infrastruktur diperkirakan akan menjadi salah satu topik yang ramai dibahas dalam debat kedua pilpres 2019. Topik infrastruktur ini kemungkinan akan dikaitkan dengan masalah utang, penyerapan tenaga kerja, dan dampak berantai infrastruktur terhadap ekonomi daerah. 
 
Debat dalam rangka Pilpres 2019 babak kedua dilakukan pada Minggu 17 Februari 2019. Debat babak kedua tersebut akan membahas energi, pangan, infrastruktur, transportasi, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

medcom


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau