Haruskah Mengembangkan BUMDes Bermodal besar?

Kabar Desa | DiLihat : 697 | Kamis, 14 Februari 2019 | 12:34
Haruskah Mengembangkan BUMDes Bermodal besar?

BADAN Usaha Milik Desa atau BUMDes bisa menjadi alternatif pengembangan ekonomi lokal. Semakin maraknya pembentukan BUMDes menunjukkan bahwa mulai ada pergeseran cara pandang masyarakat bahwa mencari pekerjaan tidak harus di kota.

Analisa kelayakan usaha sangat menentukan peluang usaha di BUMDes. Dengan kata lain, membaca peluang usaha secara tepat akan menentukan keberhasilan unit usaha di BUMDes.  

BUMDes tidak harus diawali dengan modal besar. Modal sendiri dari masyarakat sebagai rintisan untuk mengembangkan kegiatan usaha serta membangun kesadaran bersama dalam mempedulikan desa jauh lebih penting.

Semangat gotong-royong dan kompak merupakan modal penting dalam menjalankan roda kehidupan BUMDes. Modal besar bukannya tidak dibutuhkan. Namun, swadaya masyarakat merupakan penggerak masyarakat dalam mendukung keberhasilan BUMDes.

Dengan demikian, BUMDes bisa semakin kuat dalam membangun kepercayaan publik. Apalagi, modal besar juga tidak bisa menjamin BUMDes bisa berkembang dan memberi keuntungan.

Proses konsolidasi internal menjadi tantangan sendiri bagi desa. Meyakinkan masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam mendorong kemajuan BUMDes bukanlah mudah. Lebih-lebih, jika pemerintah desa punya track record negatif di masyarakat.

Modal swadaya masyarakat bakal memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menopang aktivitas kegiatan BUMDes pada tahap persiapan dan implementasi program. Walaupun modal merupakan faktor produksi, dalam pengelolaan BUMDes dibutuhkan jiwa kewiraushaan yang tangguh dan mumpuni.

Jiwa kewirausahaan diperlukan agar unit-unit yang dikelola BUMDes benar-benar dapat berkembang secara pesat. Muaranya, BUMDes akan menghasilkan laba yang bisa menambah PAD di tingkat desa.

Kesimpulannya, BUMDes tetap akan bisa berkembang dan maju walau hanya dengan modal minimal. Sebab, jika peluang BUMDes baik dan didukung SDM yang kuat, maka capaian akan cepat dirasakan. (*)

tribunnews


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau