Cuaca tak Menentu, Petani Diimbau Waspadai Hama Wereng

Ekonomi | DiLihat : 416 | Jumat, 08 Februari 2019 | 14:56
Cuaca tak Menentu, Petani Diimbau Waspadai Hama Wereng

              Wereng mudah hidup dan berkembang biak dalam kondisi kelembaban yang tinggi.
INDRAMAYU – Para petani di Kabupaten Indramayu diimbau untuk mewaspadai serangan hama wereng pada tanaman padi. Hal itu menyusul kondisi cuaca yang tak menentu.

Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang, menjelaskan, hama wereng mudah hidup dan berkembang biak dalam kondisi kelembapan yang tinggi. Menurutnya, kondisi itu terwujud saat kondisi cuaca panas terik dan hujan yang bergantian dalam satu waktu.

‘’Sekarang kan cuacanya seperti itu, panas, hujan, panas, hujan,’’ ujar Sutatang kepada Republika.co.id, Kamis (7/2).

Meski demikian, Sutatang mengakui, hingga kini belum ada laporan tentang serangan hama wereng yang melanda areal tanaman padi di Kabupaten Indramayu. Dia pun meminta para petani untuk terus mengawasi munculnya serangan hama tersebut."Untuk mencegah munculnya hama wereng, bisa dilakukan dengan penyemprotan,’’ kata Sutatang.

Sutatang menyebutkan, umur tanaman padi di Kabupaten Indramayu saat ini rata-rata mencapai satu sampai dua bulan. Namun, adapula lahan yang belum tanam sama sekali karena lahannya terendam banjir.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Rabu (6/2), kondisi itu terjadi di wilayah Kecamatan Krangkeng. Lahan sawah yang baru ditanami persemaian terendam banjir hingga membuat persemaian tak terlihat oleh genangan air. Padahal, persemaian yang sudah berusia sekitar 25 hari itu semestinya segera ditanam.

"Di daerah itu memang terlambat tanam karena lahannya terendam banjir,’’ kata Sutatang. Namun, kata Sutatang, saat ini genangan air di daerah tersebut sudah mulai surut. Dia optimis, penanaman bisa segera dilakukan.

Sementara itu, salah seorang petani di Kecamatan Kroya, Suwarto, mengakui, kondisi cuaca seperti sekarang memang rentan akan serangan hama wereng. Dia pun mengakui tanaman padinya pernah beberapa kali terkena serangan hama wereng hingga hasil panennya merugi.

"Untuk itu sekarang harus benar-benar waspada. Apalagi wereng mudah berkembang biak dan menyebar dalam kondisi cuaca seperti ini,’’ kata Suwarto.

republika


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau