Ubah Kotoran Kambing Jadi Pakan Lele Berkualitas

Inovasi Desa | DiLihat : 389 | Senin, 04 Februari 2019 | 11:38
Ubah Kotoran Kambing Jadi Pakan Lele Berkualitas

Salah satu jenis budidaya perikanan yang populer, yaitu lele memerlukan pakan yang cukup supaya menghasilkan keuntungan. Pakan lele tersebut dapat diperoleh dengan membeli atau membuatnya sendiri.Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat pakan lele ialah kotoran kambing. Jenis bahan pakan alami ini efektif meningkatkan mikro plankton yang sangat bergizi dengan cepat. Tertarik untuk mencoba memanfaatkan kotoran kambing menjadi pakan lele? Simak caranya berikut ini.

Bahan

Kotoran kambing yang telah dikeringkan selama sepekan
Jerigen atau tabung
Paranet atau karung
Dedaunan atau limbah sayuran
Bekatul
1 liter EM-4
2 liter tetes tebu/gula merah/gula pasir
Air 10—20 liter
Langkah pembuatan

1. Menyiapkan wadah
Anda dapat menggunakan tabung, jerigen, atau wadah lain yang dimiliki. Pemilihan wadah tidak bergantung pada metode budidaya seperti cara budidaya lele dengan buis beton sekalipun.

Mencampur air, gula merah, dan EM-4
Setelah wadah siap, Anda dapat membuat senyawa baru dari campuran gula merah atau tetes tebu yang telah dilarutkan dengan air dan EM-4. Takaran kedua larutan tidak sembarangan, yaitu 20 ml EM-4 untuk setiap 1 liter air. Setelah itu, Anda perlu mendiamkan selama kurang lebih dua jam dengan pemasangan aerator.

2. Mencampur seluruh bahan
Bahan dari unsur limbah seperti kotoran kambing, limbah sayuran atau dedaunan, dan bekatul dimasukkan ke wadah. Perlu diingat bahwa kotoran kambing sebaiknya sudah tidak berbau dan memadat. Setelah itu, Anda perlu menambahkan larutan yang telah dibuat pada langkah nomor 2. Pengadukan semua jenis bahan ini dilakukan secara merata sehingga menghasilkan plankton yang mudah dicerna oleh lele.

4. Menutup dan menyimpan wadah
Setelah menyelesaikan pembuatan bakal pakan lele, Anda dapat menutup wadah hingga rapat atau kedap udara menggunakan plastik seperti cara budidaya jamur ganoderma. Lalu, wadah disimpan pada tempat teduh sehingga tidak terkena sinar matahari secara langsung. Wadah hanya dibiarkan secara aman sampai seminggu sebelum diaduk kembali atau dibalik.

pertanianku