Kementan: Peluang Bisnis Hortikultura Butuh Pengusaha Muda

Ekonomi | DiLihat : 132 | Selasa, 29 Januari 2019 | 10:53
Kementan: Peluang Bisnis Hortikultura Butuh Pengusaha Muda

Direktur Perlindungan Hortikultura Sri Wijayanti Yusuf menyebutkan bahwa peluang bisnis di bidang hortikultura membutuhkan banyak pengusaha muda. Hal ini disampaikan Sri yang mewakili Dirjen Hortikultura Suwandi pada seminar bersama Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) di Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (21/1).“Bisnis di bidang hortikultura masih sangat terbuka. Kita masih membutuhkan banyak pengusaha muda untuk berani terjun di bidang hortikultura,” kata Sri seperti dikutip dari Republika.

Seminar yang bertema “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Advokasi Demi Kesejahteraan Petani di Sektor Tanaman Hortikultura” dihadiri oleh 150 anggota ISMPI dari seluruh Indonesia.
 
Sri menyebut hortikultura merupakan sektor yang berpeluang meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Hal ini karena komoditas hortikultura seperti sayur, buah, tanaman hias, dan tanaman obat banyak diekspor.

Peluang lainnya pun cukup banyak. Oleh karena itu, Sri mengajak para mahasiswa mencari peluang dengan terjun langsung ke lapang ataupun melalui magang. Dengan begitu, akan memperkaya pengalaman mahasiswa usai lulus kuliah nanti.

Sejalan dengan Sri, Dekan Fakultas Pertanian USU Hasanuddin berharap lulusan Fakultas Pertanian mengabdikan dirinya di bidang pertanian.

Usai seminar dan diskusi, acara berlanjut dengan kunjungan lapang ke Kabupaten Simalungun. Kunjungan ini untuk mengetahui permasalahan petani di sana dan berupaya mengasah daya analisis, kreativitas dan inovasi ISMPI untuk memberikan solusi nyata.

pertanianku


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau