Manfaat Hebat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Lifestyle | DiLihat : 267 | Senin, 12 November 2018 | 10:46
Manfaat Hebat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Buah jambu biji terkenal dengan khasiatnya sebagai buah yang baik untuk penderita demam berdarah. Namun, tak hanya buahnya, manfaat hebat daun jambu biji pun perlu Anda ketahui dan coba.Pohon jambu biji selama ini kita anggap sebagai tanaman buah biasa saja. Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai gulma. Namun, pikiran seperti itu harus segera diubah karena ternyata di dalam daun jambu biji banyak kandungan yang bermanfaat. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun jambu biji antara lain saponin, flavanoid, polifenol, alkaloid, karoten, steroid, kuinon, anti-oksidan, minyak atsiri, dan tannin.

Nah, berikut ini beberapa manfaat daun jambi biji dan cara pemanfaatannya.

1. Mengobati diare dan disentri
Ambil 2—3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Bersihkan terlebih dahulu daun jambu biji agar bersih dan higienis. Setelah itu, kunyahlah daun jambu biji dengan garam secara bersamaan agar rasa pahit sedikit hilang. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengolah daun jambu biji untuk dijadikan teh, yakni dengan menyeduh daun jambu biji pada air panas dan ditambahkan sedikit madu.

2. Mengobati luka memar
Kandungan steroid sendiri berperan untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada tubuh. Manfaat ini bisa Anda peroleh dengan mengoleskan daun jambu biji yang sudah dihaluskan pada bagian kulit tubuh yang luka atau memar.

3. Mengatasi jerawat
Ambil daun jambu biji yang masih muda serta air secukupnya. Cuci bersih daun jambu biji sambil diremas-remas sampai mengeluarkan busa. Setelah itu, oleskan busanya pada bagian wajah yang berjerawat. Tunggulah sebentar dan cuci bersih wajah Anda. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

4. Mengobati sariawan
Ambil satu genggam daun biji dan rebus bersama air sebanyak 1 liter, kemudian tambahkan kulit batang jambu sebesar jari Anda. Minum air rebusannya secara teratur dua kali sehari.

5. Mengusir kembung
Ambil daun jambu biji dan rebus dengan 2 gelas air. Tambahkan juga ½ jari kulit dari pulosari dan adas sebanyak 5 butir. Rebus sampai airnya susut menjadi 1 gelas. Minum teratur setiap hari 1 cangkir hingga sembuh.

pertanianku


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau