Bangun Pertanian di Pedesaan, IPB Jalin Kerjasama dengan FELCRA Malaysia

Kabar Desa | DiLihat : 67 | Rabu, 31 Oktober 2018 | 10:50
Bangun Pertanian di Pedesaan, IPB Jalin Kerjasama dengan FELCRA Malaysia

Bogor -- Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerjasama dengan FELCRA Education Service Sdn. Bhd. (FESSB), Malaysia.

Program kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Jumat (26/10/2018) lalu di Grand Hyatt, Jakarta.  

"Kami menyambut baik kerjasama dengan FELCRA, karena melalui kerjasama ini kita bisa menjalin kerjasama dalam membangun desa di Indonesia dan Malaysia," ujar Dr Arif Satria, Rektor IPB.

Dr. Arif  menyatakan bahwa fokus pembangunan yang dilakukan IPB adalah pembangunan pertanian yang berbasis pada rural development di pedesaan yang disinkronkan dengan perkotaan.

Tidak hanya pembangunan pertanian, IPB juga bertekad membangun sumber daya manusia di desa, hal ini dibuktikan IPB dengan menghasilkan lulusan kompeten yang akan kembali ke desa dan daerah masing-masing.

“Banyak mahasiswa IPB yang setelah lulus nanti akan kembali ke daerah masing-masing. Mereka bertekad akan membangun daerah dari berbagai sektor,” tambah Dr. Arif.

Dengan dilakukannya penandatanganan MoU antara IPB dan FELCRA, Indonesia dan Malaysia diharapkan mampu menjadi inspirasi dunia di bidang pertanian.

Hal ini karena di kedua negara tersebut memiliki kekayaan biodiversitas yang melimpah.

Di sisi lain, pembangunan pertanian di pedesaan yang dilakukan di Indonesia dan Malaysia diharapkan bisa menjadi kekuatan di kedua negara untuk  memberikan pengaruh kepada dunia dalam konteks ilmu pertanian.

Beberapa kesepakatan yang akan dilaksanakan antara IPB dan FELCRA adalah peningkatan pengembangan akademik, pertukaran pelajar, pembangunan pertanian yang berbasis perdesaan, dan pembangunan sumber daya manusia di pedesaan.

Sebagai upaya untuk melaksanakan kesepakatan tersebut, tahun 2019 IPB akan mengirimkan sejumlah mahasiswanya untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Malaysia.

“Kami sangat bahagia dengan adanya kerjasama dengan IPB, karena kerjasama ini merupakan capaian penting bagi FELCRA dalam memajukan pertanian di pedesaan. Kami berharap dengan ditandatanganinya kerjasama dengan IPB, dapat memberikan hasil positif dalam pembangunan terutama di bidang pertanian,” ujar Muhammad Nageeb bin Ahmad Abdul Wahab, Pengerusi FELCRA Berhad.

Penandatanganan MoU dilakulan oleh Dr. Arif Satria selaku Rektor IPB dan Zulkarnain MD Eusope selaku Board of Director FESBB.

Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Pembangunan Luar Bandar, Malaysia (KPBL), YB Rina Mohd Harun. (*)

tribunnews


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau