Toyapakeh, Desa Berpenduduk Muslim dengan Alam Menawan di Nusa Penida

Potensi Desa | DiLihat : 193 | Rabu, 10 Oktober 2018 | 10:37
Toyapakeh, Desa Berpenduduk Muslim dengan Alam Menawan di Nusa Penida

Tahukan kalau Bali memiliki 3 pulau kecil nan indah di sebelah timur dari pulau utama? Ya, ketiga pulau tersebut diberi nama Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida.

Beberapa tahun belakangan ini, tiga pulau tersebut berhasil menarik ratusan bahkan ribuan wisatawan setiap minggunya, lho. Hal itu karena keindahan alamnya yang sangat memukau, baik di daratan maupun dibawah laut.

Nusa penida menjadi pulau paling besar di antara dua pulau lainnya. Di sini, kamu bisa menemukan banyak spot bagus dan kece. Tapi artikel kali ini gak akan membahas mengenai spot instagramable, melainkan Desa Toyapakeh, desa dengan penduduk muslim di Nusa Penida.

1. Satu-satunya desa dengan mayoritas agama Muslim di Nusa Penida
Desa Toyapakeh sendiri terletak di berada di wilayah kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Indonesia. Nama Toyapakeh sendiri diambil dari bahasa Bali, "toya" memiliki arti air, sedangkan "pakeh" berarti asin. Jadi secara keseluruhan Toyapakeh berarti air asin.

Menurut cerita penduduk setempat, dulunya pantai di desa ini menjadi tempat berlabuhnya kapal laut yang membawa pendatang Muslim yang ingin menetap di pulau ini. Tak heran bila penduduk Desa Toyapakeh mayoritas beragam muslim.

Meski agama minoritas untuk keseluruhan Pulau Nusa Penida, namun tali silaturahmi dan toleransi antar umat beragama di pulau ini begitu terasa. Adem ya!

2. Tempat paling pas untuk cari makanan halal
Sebagai satu-satunya desa dengan mayoritas penduduk beragama Muslim di Nusa Penida, banyak warung makan di Desa Toyapakeh yang secara otomatis menawarkan menu halal.

Mulai dari bakso, bakmi, hingga warung makan padang sekalipun, semua hidangannya dijamin halal. Jadi kamu gak usah binggung untuk mencari makanan halal di Nusa Penida, kunjungi aja Desa Toyapakeh yang berada di pantai barat Pulau Nusa Penida.

3. Pemandangan pantai dan hamparan pasir putih nan menawan jadi salah satu daya tariknya
Pantai Toyapakeh memiliki pemandangan yang begitu menawan, yang tak kalah oke dari pantai-pantai lainnya di Nusa Penida. Pasir putih halus dan jernihnya air siap menyambut para wisawatan yang datang.

Selain bersantai dan berenang, kamu bisa bisa main voli pantai karena penduduk setempat sengaja membuat lapangan voli di sekitar pantai untuk menarik wisatawan. Keren!

4. Jangan terlewat untuk melihat candi Buddha bawah laut yang memukau
Toyapakeh, Desa Berpenduduk Muslim dengan Alam Menawan di Nusa Penidatrip101.com
Kalau melihat candi di daratan mah udah biasa. Di titik penyelaman Toyapakeh, kamu bisa melihat candi yang berada di bawah laut, lho. Kamu akan menemukan candi Buddha bawah laut dengan puluhan patung yang ada di sekitarnya. Keren kan?

5. Budidaya rumput laut jadi daya tarik yang lain. Gak mungkin bisa liat ini di perkotaan!
Toyapakeh, Desa Berpenduduk Muslim dengan Alam Menawan di Nusa Penidatekno.kompas.com
Tak hanya menangkap ikan, mayoritas penduduk Toyapakeh yang merupakan seorang nelayan juga membudidayakan rumput laut. Pertaninan rumput laut ini lah yang menjadi daya tarik lain dari Toyapakeh. Jarang ngeliat yang kaya gini di perkotaan kan?!

6. Nikmati juga sensasi berenang bareng biota laut khas perairan Bali. Seru abis!
Toyapakeh, Desa Berpenduduk Muslim dengan Alam Menawan di Nusa Penidabaliocean.com
Selain titik penyelaman candi Buddha, kamu juga bila menyelam di titik penyalaman yang mana dapat menemukan biota laut khas perairan Bali. Di titik penyelaman ini, kamu bisa melihat blue trigger, ikan giant trevally dan ikan mola-mola. Terumbu karangnya juga cantik-cantik, lho. Siap berenang bersama ketiga ikan tersebut?

indtimes


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau