Hemat Budidaya Walet untuk Masyarakat Bermodal Minim

Peluang Usaha | DiLihat : 448 | Kamis, 13 September 2018 | 10:25
Hemat Budidaya Walet untuk Masyarakat Bermodal Minim

Budidaya walet mulai booming dan banyak dilirik sebab memiliki prospek yang sangat menguntungkan. Namun, modal yang harus dikeluarkan juga sepadan.

Bisa dibilang budidaya walet merupakan jenis ternak yang membutuhkan modal yang amat besar, bisa berkisar antara ratusan bahkan hingga miliaran rupiah. Oleh karena itu, tidak heran jika budidaya ini hanya mampu digeluti oleh orang-orang yang memiliki uang banyak. Kesempatan bagi mereka yang memiliki modal pas-pasan relatif terbatas.

Namun, saat ini tidak demikian lagi. Sebab, budidaya walet dapat dilakukan oleh mereka bahkan masyarakat kelas bawah yang tidak memiliki modal besar. Nah, tentunya bagi Anda yang mulai tertarik untuk memulai usaha ini, berikut empat cara budidaya walet hemat untuk Anda yang hanya memiliki modal sedikit.Persiapan modal usaha

Tahap awal tentu saja yang harus dipersipakan adalah modal. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan modal secara kolektif. Setiap kelompok pemilik satu bangunan walet dapat terdiri atas 3—4 orang. Kemudian, jumlah seluruh modal akan dibagikan secara merata kepada setiap anggota kelompok.

Tentunya untuk memulai usaha dengan sistem demikian tidaklah mudah. Anda harus menemukan orang dengan pemikiran sejenis sehingga nantinya dapat menghindari kesalahpahaman. Selain itu, buat kelompok usaha Anda sesolid mungkin. Sebab, pada percobaan pertama belum tentu akan langsung berhasil.

Pembuatan rumah walet

Tahapan selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengenai rumah walet. Burung walet memiliki karakter hidup bebas di alam dan biasanya akan menempati ruangan tinggi atau bangunan tinggi. Di alam bebas mereka biasa dapat ditemukan dengan mudah pada gua-gua yang berada di daerah tinggi. Oleh sebab itu, tidak heran jika kemudian rumah walet merupakan bangunan dengan ketinggian 2—4 lantai.Budidaya burung walet juga berbeda dengan budidaya burung pada umumnya. Anda tidak bisa menangkap indukan, lalu memelihara dan membuatnya menghasilkan sarang.

Burung walet hanya akan mendatangi lokasi yang menarik perhatiannya, kemudian tinggal dan membuat sarang di sana. Nah, sarang yang dihasilkan inilah yang nantinya merupakan komoditas utama dalam budidaya ini.

Menarik burung walet

Elemen yang tak kalah penting adalah mendatangkan burung walet ke dalam bangunan. Membuat mereka betah dan nyaman, lalu secara alamiah mereka akan membuat sarang, tentu saja hal ini bukanlah perkara mudah. Sebab, mendatangkan burung walet bukanlah yang relatif bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Salah satu teknik yang sudah banyak dipakai dan terbukti ampuh di kalangan pembudidaya walet adalah menyiapkan suara rekaman yang menyerupai burung walet. Dengan suara ini, diharapkan burung walet yang sesungguhnya akan datang dan mengira bahwa rekan mereka berada di sana.

Perawatan dan pemeliharaan

Tidak hanya sebatas mendatangkan burung walet, tetapi juga sangat penting untuk membuat mereka betah berada dalam bangunan. Semakin lama mereka berada di bangunan Anda, semakin banyak sarang walet yang dapat Anda panen dan hasilkan.

Paling penting adalah menjaga ruangan tepat bersih dan lembap sesuai dengan habitat alami walet. Dengan begitu, dipastikan burung walet akan betah dan menghasilkan sarang yang banyak.

pertanianku