Inovasi Warga Desa di Tanjabtim, dari Mesin Pembelah Pinang dan Alat Pencacah Makanan Ternak

Inovasi Desa | DiLihat : 1168 | Senin, 03 September 2018 | 13:19
Inovasi Warga Desa di Tanjabtim, dari Mesin Pembelah Pinang dan Alat Pencacah Makanan Ternak

MUARASABAK - Berbagai Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ditemukan warga Tanjung Jabung Timur. Pemerintah Kabupaten Tanjabtim berharap pemerintah desa dapat mengembangkan inovasi masyarakat Itu dan bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk memasarkan Inovasi yang dibuat masyarakat tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Syafruddin melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Kurniawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim setiap tahun menggelar lomba Inovasi TTG yang menjadi salah satu kegiatan bidang pemberdayaan desa pemerintah untuk menyupport sekaligus membina pada masyarakat yang memiliki kelebihan inovasi.

"Banyak masyarakat di desa yang mempunyai kelebihan membuat inovasi, seperti alat-alat pertanian, ini harus diberdayakan," kata Taufik kepada Tribunjambi.com, tidak lama ini.

Dikatakannya, karya masyarakat di desa ini merupakan salah satu inovasi yang bisa dikembangkan. Sehingga melalui inovasi ini desa akan mendapatkan pundi-pundi PAD yang cukup besar.

"Salah satu contoh hasil inovasi warga desa menciptakan mesin pembelah pinang di Rantau Rasau, alat pencacah makanan ternak. Jika ini dikembangkan dan dipasarkan pasti ekonomi di desa dapat meningkat," ujarnya.

Apalagi jelasnya, jika pengelolanya bermuara di Bumdes tentunya inovasi masyarakat akan berkembang dan dapat diperjual belikan. Seperti misalnya hasil inovasi masyarakat dibeli oleh Bumdes selanjutnya Bumdes memasarkan ke desa lain.

"Dari sini sudah jelas BUMDes dapat tambahan PAD, hasilnya juga dapat meningkatan ekonomi masyarakat desa," jelasnya.

Ditambahkannya ada banyak inovasi khususnya di desa yang seharusnya dapat dikelola bersama dengan BUMDes. Salah satunya pembuatan mesin cuci motor dengan memanfaatkan tenaga matahari, kincir air manual untuk mengatasi kekeringan, dan alat pencacah pelepah sawit untuk makanan sapi.

"Dari sejumlah inovasi ini ada desa yang sudah menganggarkan dana untuk membeli inovasi dari masyarakat ini. Dan akan di kelola langsung oleh BUMDes," tegasnya.

Tribunjambi Zulkifli


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau

Video Terbaru

Video Playlist +