HOKI Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi Rp 70 M

Infrastruktur | DiLihat : 231 | Rabu, 29 Agustus 2018 | 15:30
HOKI Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Sekam Padi Rp 70 M

Produsen beras PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) tengah membangun pembangkit listrik tenaga sekam padi berkapasitas 3 megawatt. Investor Relation HOKI Dion Surijata mengatakan pembangunan pembangkit yang berlokasi di Banyuasin, Sumatera Selatan, ini bakal menelan biaya sekitar Rp 70 miliar.

“Untuk pembangkit kita bangun pembangkit dari kulit padi. Sudah jalan itu. (Biayanya) sekitar Rp 70 miliar sekarang sudah jalan 50 persen,” ungkap Dion di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (29/8). 

Perseroan menargetkan pembangkit listrik ini dapat selesai tahun depan sekitar Maret atau April. Dion mengatakan nantinya hasil listrik sebesar 2,5 megawatt akan dipakai untuk sumber energi pada pabrik baru perseroan. Sedangkan untuk sisanya perseroan masih mempertimbangkan untuk dijual ke PLN. 

Produksi Padi


“Masih dalam tahap penjajakan juga dengan PLN karena kan ini baru," ujarnya. Dion mengatakan tujuan pembangunan pembangkit ini adalah cara perusahaan untuk mengurangi limbah produksi berupa sekam padi yang berlimpah. Sebab Dion mengatakan, pihaknya tak bisa menjual limbahnya ke pabrik semen dan baja seperti yang dilakukan di pabrik Subang.

“Di Sumatera, pabrik semen enggak ambil sekam padi karena batu bara murah, jadi ini akan jadi terobosan. Kami berharap ini akan berhasil. Kebutuhan sekitar 100 ton sekam untuk menghasilkan 3 MW,” tandasnya.

kumparan