Segudang Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Lifestyle | DiLihat : 309 | Rabu, 29 Agustus 2018 | 11:12
Segudang Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan

Ciplukan atau Physialis angulata merupakan jenis tanaman liar yang bisa kita temukan di areal pesawahan. Selain buahnya, manfaat daun ciplukan juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan.Daun ciplukan memiliki banyak kandungan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti vitamin C, polifenol, chlorogenic acid,  alkaloid, dan sebagainya. Berbagai kandungan tersebut terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh serta dapat mengatasi berbagai macam penyakit dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati penyakit jantung
Daun ciplukan dapat mengobati penyakit jantung. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan daun ciplukan, yakni siapkan beberapa helai daun ciplukan secukupnya. Kemudian, haluskan dengan blender atau buat seperti jus. Setelah itu, minum jus daun ciplukan ini tanpa ada campuran lain.

2. Mengobati penyakit asma
Cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan daun ciplukan sebagai obat asma cukup mudah. Siapkan daun ciplukan secukupnya, dan bersihkan dengan air mengalir, kemudian rebus dengan air 2 gelas, dan biarkan sampai tersisa 1 gelas. Setelah itu, minum air rebusan tersebut, dan konsumsilah secara rutin dan teratur.

3. Menurunkan demam
Daun ciplukan juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit demam atau panas sehingga dapat menurunkan demam dan panas tersebut. Anda bisa memanfaatkannya dengan mengonsumsi rebusan daun ciplukan.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Daun ciplukan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya, cukup merebus daun ciplukan dengan dua gelas air sampai tersisa 1 gelas. Konsumsilah dengan rutin dan teratur selama 2—3 minggu.

5. Mengobati kanker payudara
Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat mematikan, tak terkecuali kanker payudara. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi kanker payudara, yaitu dengan memanfaatkan daun ciplukan sebagai obat herbal. Caranya sangat mudah, pertama siapkan daun ciplukan secukupnya, lalu campurkan dengan biji beras dan tunas kunyit secukupnya. Kemudian, giling dengan parutan sampai lumat. Setelah itu, tempelkan ramuan yang telah dibuat pada bagian payudara, dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.

pertanianku


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau