Pesona Curug Panjang di Desa Durian Remuk Pengobat 'Hati Remuk'

Potensi Desa | DiLihat : 1071 | Kamis, 23 Agustus 2018 | 10:04
Pesona Curug Panjang di Desa Durian Remuk Pengobat

Musi Rawas - Keberadaan media sosial memberikan dampak positif, salah satunya bisa memperkenalkan berbagai objek wisata di tanah air. Seperti, pesona objek wisata air terjun Curug Panjang, Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti yang kini menjadi buah bibir wisatawan.

Pantauan Times Indonesia, pada hari libur, objek wisata yang baru 'viral' satu bulan terakhir ini terus didatangi oleh wisatawan baik lokal maupun regional bahkan ada juga wisatawan dari luar pulau Sumatera seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan daerah lainnya.

Tercatat, setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu setidaknya lebih dari 500 wisatawan yang mengunjungi objek wisata Curug Panjang ini. Selain untuk menikmati panorama alam yang eksotik dan alami, juga untuk mengisi hari libur dengan berswafoto dan mandi.Wisatawan yang berkunjung ke Curug Panjang ini tidak perlu takut dengan parkir dan keamanan kendaraan, pasalnya Pemerintah Desa dan Karang Taruna serta Masyarakat Durian Remuk telah berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kendaraan wisatawan.

Selain itu, lokasi parkir bagi wisatawan sudah disediakan oleh pengelola baik roda dua maupun roda empat.

Untuk menjaga keamanan kendaraan ini, wisatawan harus merogoh kocek Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp 5 ribu untuk roda dua. Untuk masuk ke obyek wisata, pengelola menarik retribusi Rp 2 ribu sebagai uang jasa kebersihan.

Sembari menikmati Air Terjun Curug Panjang, di lokasi ini juga telah tersedia tempat duduk dari bambu dan di sekitarnya ada warung yang menyajikan minuman dan makanan ringan.

Bagi wisatawan yang ingin mandi, juga telah disediakan oleh pengelola tepat ganti pakaian dan alat bantu renang untuk anak-anak seperti pelampung bebek.

Untuk menjaga keamanan wisatawan yang ingin mandi, pengelola telah menentukan spot-spot yang aman dan memberikan tanda peringatan untuk daerah-daerah yang berbahaya dengan tulisan "hati-hati di sini licin" dan kata-kata lainnya.

Kepala Desa Durian Remuk, Surya mengungkapkan pihaknya sangat bangga karena Objek Wisata Curug Panjang ini saat ini telah menjadi perhatian wisatawan.

Pihaknya terus melakukan evaluasi dan perencanaan untuk pengembangan objek wisata ini sehingga dapat lebih dikenal dan memanjakan wisatawan.

Surya mengatakan, dengan dikembangkannya objek wisata Curug Panjang ini maka banyak hal yang positif yang dicapai, seperti membuka lapangan pekerjaan dan meningkatan perekonomian masyarakat yang pada akhirnya akan memajukan Desa Durian Remuk, Muara Beliti ini.

timesindonesia


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau

Video Terbaru

Video Playlist +