Segudang Manfaat Kulit Pisang yang Belum Anda Tahu

Lifestyle | DiLihat : 233 | Rabu, 08 Agustus 2018 | 09:50
Segudang Manfaat Kulit Pisang yang Belum Anda Tahu

Kulit pisang biasanya berwarna hijau, namun dominan berwarna kuning. Tahukah Anda bahwa ada segudang manfaat kulit pisang yang mungkin saja belum Anda ketahui. Umumnya, masyarakat kita memakan pisang hanya buahnya, sedangkan kulitnya dibuang.Ternyata banyak manfaat kesehatan ataupun manfaat lain dari kulit pisang. Berikut ini manfaat kulit pisang yang belum Anda tahu.

1. Mengempukkan daging

Kulit pisang sebenarnya bisa mengempukkan daging. Caranya, tempatkan kulit pisang yang matang untuk membungkus daging yang akan dimasak. Bahan alami kulit dari pisang yang telah matang mampu menguraikan protein daging dan membuatnya lebih cepat dan mudah dimasak.

Hal yang sama juga dapat dipergunakan untuk mengolah daging yang dibakar atau dipanggang. Cuci bersih kulit pisang yang sudah menguning, lalu letakkan di atas daging yang hendak dipanggang atau dioven. Masak daging yang sudah dibumbui hingga matang dengan kulit pisang tetap berada di atasnya. Daging akan lebih empuk, tidak kering serta cita rasa bumbunya tidak berubah.

2. Memutihkan gigi

Bagi Anda yang mungkin kurang percaya diri karena merasa gigi berwarna kuning, kulit pisang bisa menjadi solusinya. Caranya, ambil bagian dalam dari kulitnya dan gosokkan ke gigi Anda dengan jari telunjuk. Biarkan selama kurang lebih lima menit dan kemudian bilas dengan air. Anda akan melihat gigi Anda terlihat lebih cerah. Untuk hasil yang lebih baik, lakukanlah secara rutin.

3. Mengobati gigitan serangga

Bangsa Cina kuno memiliki teknik ampuh untuk mengobati kulit memerah akibat gigitan nyamuk atau serangga lain. Caranya, ambil bagian dalam dari kulit pisang dan letakan di mangkok.

Kemudian tambahkan air mawar untuk membentuknya menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut di area yang digigit nyamuk atau serangga. Kulit pisang yang kaya akan serat dan anti-oksidan mampu menyingkirkan peradangan, ruam, atau kemerahan pada kulit.

Membersihkan furniturAnda memiliki furnitur yang tampak kusam dan kotor? Jangan buru-buru membeli cairan kimia pembersih furnitur. Gunakan saja kulit pisang. Untuk membersihkan furnitur yang terbuat dari kulit, gosokkan bagian dalam pisang matang langsung ke furnitur. Kemudian bersihkan dengan lap basah dan keringkan dengan kain katun.

Sementara, untuk barang atau perhiasan yang terbuat dari perak, campurkan kulit pisang dengan sedikit air hangat. Gosokkan campuran ini ke perhiasan dan lap dengan kain katun. Lalu, keringkan dengan tisu secara lembut.

4. Untuk kecantikan kulit

Kandungannya yang kaya akan nutrisi dan anti-oksidan membuat kulit pisang juga berkhasiat untuk menyegarkan kulit. Untuk perawatan wajah, mengusapkan bagian dalam kulit buah tropis ini akan membuat wajah tampak cerah.

Begitu pula bagi Anda yang memiliki kulit kering. Vitamin dan mineral yang ada di kulit pisang membantu melembapkan kulit yang kering dan kusam. Tak hanya itu, kulit pisang juga bisa menyingkirkan jerawat memperlambat proses penuaan atau keriput di wajah Anda.

pertanianku


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau