Kemtan: Edukasi perihal asuransi pertanian masih dibutuhkan

Ekonomi | DiLihat : 189 | Rabu, 08 Agustus 2018 | 09:44
Kemtan: Edukasi perihal asuransi pertanian masih dibutuhkan

JAKARTA. Pemerintah telah menjalankan program asuransi pertanian berupa Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Asuransi ini bertujuan untuk melindungi petani.

Meski begitu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kemtan Pending Dadih Permana mengatakan, edukasi terkait asuransi pertanian ini masih sangat perlu dilakukan. Pasalnya, masih banyak petani yang mau mendaftarkan asuransinya ketika sudah mengalami kerugian atau gagal panen."Mengubah kesadaran melalui proses edukasi itu penting. Mengubah itu juga tidak semudah membalik telapak tangan," ujar Pending, Senin (6/8).

Pending mengatakan, saat ini pihaknya pun masih terus melakukan penyuluhan dan edukasi terkait asuransi pertanian ini. Menurutnya, pihaknya pun terus mengajak petani untuk mengikuti asuransi pertanian ini.

Tahun ini, target AUTP masih sebesar 1 juta Ha dan target AUTS masih sebesar 120.000 ekor. Menurutnya, belum ada rencana menambah target karena angka ini sudah bisa mencakup wilayah yang sering terkena banjir, kekeringan serta serangan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Sementara itu, berdasarkan data PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), hingga Juni tahun ini, realisasi AUTP sudah mencapai 330.735 ha dan realisasi AUTS sebesar 59.992 ekor.

Pending pun menerangkan, kebanyakan petani memang banyak yang baru mendaftar asuransi pertanian pada September dan Oktober.

kontan


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau