IPB Kembangkan Smart Farming

Inovasi Desa | DiLihat : 181 | Senin, 30 Juli 2018 | 11:46
IPB Kembangkan Smart Farming

CIBINONG, --Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai institusi perguruan tinggi yang berfokus di bidang pertanian akan mengembangkan pertanian cerdas atau smart farming.

"Kita sekarang sedang mengembangkan smart farming atau pertanian cerdas," ujar Rektor IPB, Arif Satria, saat ditemui di Stadion Pakansari, Jumat (27/7/2018).

Arif Satria menuturkan smart farming merupakan pemamfaatan teknologi informasi dalam bidang pertanian yang salah satunya digunakan untuk menginformasikan kondisi perubahan iklim yang tepat.

"Pertanian cerdas konsepnya adalah bahwa semua harus presisi atau tepat dengan pemahaman perubahan iklim yang begitu tepat," kata Arif.

Menurut dia dengan mengetahui perubahan iklim secara tepat akan diketahui pula dengan tepat kapan harus menanam, kapan harus melakukan pemupukan dan berapa dosis pupuk yang akan diberikan kepada suatu tanaman.

"Di era baru ini butuh pendekatan dalam bertani tidak lagi seperti sekarang ini. Kita akan melihat cuaca dengan common sense, kita menggunakan teknologi yang lebih canggih lagi," kata Arif.

ayobogor