Menyehatkan, Ini Manfaat Sarang Lebah Madu untuk Tubuh

Lifestyle | DiLihat : 91 | Kamis, 05 Juli 2018 | 09:39
Menyehatkan, Ini Manfaat Sarang Lebah Madu untuk Tubuh

Tahukah Anda? Manfaat sarang lebah madu ternyata menyehatkan. Sarang lebah madu biasa disebut dengan propolis, yaitu resin yang dikumpulkan oleh para lebah dari kulit pepohonan dan digunakan sebagai penutup lubang-lubang pada sarang mereka.

Propolis sendiri merupakan bahan bahan lengket dari tumbuh-tumbuhan. Kandungan dari propolis sendiri antara lain protein, vitamin A, B komplek, C, D, E, biotin, serta Bioflavonoid yang menjadikan sarang lebah sangat baik untuk dikonsumsi. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sarang lebah sebagai berikut.

1. Antijamur, virus, ataupun bakteri dalam tubuh

Kandungan bioflavonoid dalam sarang lebah dapat membantu tubuh untuk menangkal pertumbuhan mikroorganisme seperti virus, jamur, ataupun bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Kandungan tersebut sangat sensitif terhadap beberapa jenis virus seperti Staphyyococcus, Streptococcus, E. Coli, virus influenza, Herpes, H.Pilori, serta Salmonella typhosa.

Sebagai sumber anti-oksidan alamiSarang lebah juga bertindak sebagai anti-oksidan alami yang dapat membantu tubuh dalam melawan serta menetralkan radikal bebas yang dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti tumor, kanker, penyakit jantung, stroke, atherosclerosis, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

2. Meningkatkan sistem imun

Kandungan biovlafonoid dalam sarang lebah mampu meningkatkan aktivitas sistem imun dalam tubuh sehingga mampu menangkal berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, ataupun mikroorganisme lainnya seperti cirrhosis hepatitis, diabetes, gangguan saluran pernapasan, dan lain sebagainya.

3. Anti peradangan

Mengonsumsi sarang lebah (propolis) dapat membantu menghambat pengeluaran hormon yang dapat menyebabkan reaksi terhadap peradangan atau yang biasa disebut sebagai prostaglandine. Oleh karena itu, sangat baik dikonsumsi bagi penderita rheumatoid arthritis seperti radang sendi ataupun asam urat, penyakit nefritis, dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan Manfaat sarang lebah lainnya adalah terdapat kandungan nutrisi yang dipercaya mampu menangkal pertumbuhan bakteri helicobakter pylory yang merupakan bakteri penyebab timbulnya peradangan lapisan lambung seperti maag, ulcus lambung, dan lain sebagainya.

4. Mempercepat proses penyembuhan luka

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sarang lebah dapat membantu proses pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh sehingga sangat baik jika dalam proses perawatan ataupun penyembuhan luka.

5. Penangkal stres

Kandungan nutrisi dalam sarang lebah juga sangat baik untuk membantu menekan saraf-saraf pada otak sehingga dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, tenang, serta dapat menekan rasa takut.

pertanianku