Mobil Pedesaan Bakal Diproduksi Massal pada Awal 2019

Inovasi Desa | DiLihat : 199 | Jumat, 29 Juni 2018 | 10:35
Mobil Pedesaan Bakal Diproduksi Massal pada Awal 2019

Proyek mobil pedesaan hasil karya anak bangsa atau yang disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) akan segera rampung. Pasalnya, Kementerian Perindustrian telah menggandeng lebih dari 70 industri lokal menengah untuk membuat komponennya.

“AMMDes ini akan di launching pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang rencananya dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya yang diterima VIVA.Setelah diperkenalkan mobil pedesaan itu akan segera dijual ke masyarakat. Seperti yang dikatakan Airlangga, perkembangan produksi AMMDes yang dilakukan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sudah pada tahap finalisasi prototype dan uji coba dan dijadwalkan akan produksi massal pada Januari 2019Setelah diperkenalkan mobil pedesaan itu akan segera dijual ke masyarakat.

Seperti yang dikatakan Airlangga, perkembangan produksi AMMDes yang dilakukan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sudah pada tahap finalisasi prototype dan uji coba dan dijadwalkan akan produksi massal pada Januari 2019 Menurut Ketua Umum Partai Golkar tersebut, pengujian terus dilakukan untuk mengetahui performa dan daya tahannya secara persial yang meliputi mesin, sasis, suspensi, transmisi dan lain-lain.

“Hasil pengujian dilakukan untuk menyempurnakan rancangan AMMDes,” tuturnya. Selain itu, PT KMWI juga menyiapkan power train dan sasis untuk pengembangan jenis desain dari platform mobil pedesaan. Misalnya untuk mobil yang digunakan di daerah datar dan perbukitan dengan kemiringan 20-30 derajat menggunakan penggerak diesel dan bensin.

“Melalui konsolidasi dengan pelaku industri nasional, kami berhasil memfasilitasi dalam membangun komitmen kerja sama dengan lebih dari 70 industri yang siap menjadi pemasok komponen AMMDes, di mana sebagain besar adalah industri kecil dan menengah (IKM),” ujarnya.

viva


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau