3 BUMN Menangi Lelang Bendungan Bener. Siapa Saja Mereka?

Infrastruktur | DiLihat : 56 | Selasa, 26 Juni 2018 | 12:21
3 BUMN Menangi Lelang Bendungan Bener. Siapa Saja Mereka?

JAKARTA — Meskipun masih menunggu keputusan Kementerian Keuangan terkait dengan pembayaran kontrak tahun jamak, tiga BUMN diketahui memenangi lelang kontraktor proyek Bendungan Bener di Jawa Tengah.

Mereka adalah PT Brantas Abipraya (Persero) Divisi 2, PT Pembangunan Perumahan Tbk. dan PT Waskita Karya Tbk. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 2021.Berdasarkan data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR, PT Brantas Abipraya menjadi pemenang pembangunan Bendungan Bener paket 1 dan paket 4.

Untuk paket 1, terdapat empat BUMN Karya yang lulus prakualifikasi dari 121 peserta lelang dengan nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp606,77 miliar.

Empat BUMN itu adalah PT Waskita Karya Tbk., PT Brantas Abipraya (Divisi 2), PT Wijaya Karya Tbk., dan PT Pembangunan Perumahan Tbk.

Untuk paket 4, PT Brantas Abipraya menyisihkan tiga pemenang prakualifikasi antara lain yakni PT Waskita Karya Tbk. dan PT Wijaya Karya Tbk. Sebanyak 124 peserta ikut prakualifikasi dengan nilai HPS Rp1,40 triliun.

Untuk paket 2, PT Waskita Karya Tbk. memenangi lelang menyisihkan tiga kontraktor yakni PT Pembangunan Perumahan Tbk., PT Wijaya Karya Tbk., dan PT Brantas Abipraya (Divisi 2).

Paket 3, dimenangi oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk. yang berhasil menyisihkan dari tiga kontraktor yakni PT Waskita Karya Tbk., PT Wijaya Karya Tbk., dan PT Brantas Abipraya (Divisi 2). Nilai HPS paket 2 senilai Rp632 miliar dan untuk paket 3 senilai Rp1,17 triliun.

Kepala Pusat Bendungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ni Made Sumiarsih mengatakan bahwa saat ini lelang pembangunan Bendungan Bener masih masa sanggah.

"Ini masih menunggu keputusan Kemenkeu terkait pembayaran multiyears kontraknya," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (24/6/2018).

Direktur Keuangan PT Brantas Abipraya Suradi Wongso membenarkan bahwa perseroan memenangi lelang pembangunan Bendungan Bener paket 1 dan 4. Saat ini perseroan masih dalam masa sanggah pemenang kontrak.

"Iya, betul. Masa sanggah ini baru pengumuman pemenang. Setelah masa sanggah baru tanda tangan kontrak," ucapnya.

Bendungan Bener yang terletak di Purworejo ini memiliki kapasitas tampungan air 100,94 juta meter kubik. Proyek ini diharapkan dapat mengairi lahan seluas 15.069 hektare, mengurangi debit banjir sebesar 210 meter kubik/detik, menyediakan pasokan air baku sebesar 1,60 meter kubik/detik, dan menghasilkan listrik sebesar 6 megawatt.

bisnis