Asam Jawa Tak Hanya Penambah Nikmat, namun Juga Pembawa Manfaat

Lifestyle | DiLihat : 80 | Senin, 25 Juni 2018 | 11:52
Asam Jawa Tak Hanya Penambah Nikmat, namun Juga Pembawa Manfaat

Asam jawa merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang kerap digunakan untuk menambah cita rasa suatu masakan. Tak hanya itu, memiliki rasa yang begitu menyegarkan, buah yang berbentuk biji kecil kecokelatan ini juga sering diolah menjadi minuman segar penyejuk dahaga.  

Kandungan nutrisi yang dimilikinya pun melimpah, mulai dari antioksidan, serat, vitamin C, hingga vitamin B kompleks yang sangat baik untuk kesehatan. Apa saja? Dilansir Organic Facts, berikut manfaat kesehatan asam jawa:   
1. Meningkatkan pencernaan 
Saluran pencernaan manusia.
Asam jawa telah sejak lama dianggap sebagai pencahar alami yang baik untuk meningkatkan pencernaan. Ya, dikemas dengan kandungan serat yang melimpah, asam jawa akan melapisi kotoran, dan membuatnya bergerak menuju ke sistem pembuangan lebih mudah. Bukan itu saja, asam jawa juga ampuh untuk merangsang aktivitas empedu, sehingga akan mempercepat proses pelarutan dan penyerapan nutrisi makanan.  
2. Memelihara kesehatan jantung 
Ilustrasi penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukan bahwa, kandungan nutrisi dalam asam jawa sangat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Tinggi akan serat, menyisipkan sedikit asam jawa ke dalam menu masakan sehari-hari dapat membersihkan pembuluh darah dari plak-plak pemicu penyakit kardiovaskular, seperti diabetes, stroke, hingga gagal jantung. Asam jawa juga dikemas dengan kalium dan vitamin C yang dikenal efektif untuk mengurangi stres, merelaksasi tubuh, menangkal efek radikal bebas, sekaligus meningkatkan produktivitas sel-sel sistem metabolisme tubuh. 

3. Meningkatkan sirkulasi darah  
Ilustrasi Anemia
Asam jawa merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk memenuhi asupan zat besi harian sebesar 10 persen. Suplai zat besi yang sehat dalam tubuh dibutuhkan untuk memastikan oksigenasi otot dan organ agar berfungsi dengan baik. Zat besi juga dikenal dapat meminimalisir sederet penyakit tertentu, mulai dari anemia, lesu, sakit kepala, gangguan perut, dan sebagainya.  

4. Memaksimalkan fungsi syaraf 
Ilustrasi asam jawa

Salah satu vitamin penting yang ada dalam asam jawa adalah tiamin, yakni senyawa alami yang berasal dari vitamin B kompleks. Tiamin berperan penting untuk meningkatkan fungsi syaraf, serta memaksilkan perkembangan otot. Selain itu, tiamin juga ampuh untuk memelihara kebugaran, mengoptimalkan sensor refleks, sekaligus menjaga tubuh agar senantiasa segar dan bugar.  

5. Menurunkan berat badan 
Ilustrasi diet
Salah satu senyawa unik yang diperoleh dari asam jawa adalah asam hidroksisitrat (HCA). HCA diklaim dapat memaksimalkan proses penurunan berat badan dengan cara menghambat fungsi enzim penyimpanan lemak dalam tubuh. Dan, asam jawa juga telah diketahui dapat membantu menekan nafsu makan dengan meningkatkan serotonin neurotransmitter tubuh, sehingga dapat mengurangi hasrat lapar pada seseorang. 

6. Mengontrol diabetes 
Diabetes pada anak
Selain menghambat kenaikan berat badan, asam jawa juga dapat membantu menghentikan penyerapan karbohidrat dan juga mengontrol kadar kadar glukosa dan insulin dalam tubuh.   Seperti yang telah diketahui, glukosa dan insulin merupakan faktor utama yang dapat memengaruhi kondisi penderita diabetes, karenanya, konsumsi makanan yang baik untuk penurunan kadar insulin agar kondisi diabetes akan segera membaik.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh 
Obat Flu
Kadar vitamin C yang tinggi, serta senyawa antioksidan lainnya yang ada dalam asam jawa sangan baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus mencegahnya terserang virus dan bakteri. Selain itu, mengkonsumsi asam jawa secara teratur juga diklaim dapat membasmi cacing perut dan menghancurkan sel-sel penyakit yang berasal dari efek radikal bebas.

kumparan