Objek Wisata Baru Harus Terus Bermunculan

Potensi Desa | DiLihat : 185 | Senin, 25 Juni 2018 | 10:09
Objek Wisata Baru Harus Terus Bermunculan

GUNUNGKIDUL—Objek wisata baru terus didorong oleh Pemkab Gunungkidul. Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan untuk wisata baru dan banyak diminati wisatawan saat ini, yaitu wisata taman bunga, baik taman bunga matahari maupun taman bunga celosia. Spot untuk berswafoto dengan hamparan taman bunga saat ini memang jadi idola di Gunungkidul.Dengan begitu, jenis wisata itu terbilang cukup menguntungkan yang tentunya tidak hanya dirasakan pengelola, tetapi juga masyarakat sekitar taman.

“Saat ini [wisata taman bunga] memang belum masuk pendapatan asli daerah (PAD) karena dikelola oleh perorangan dan kelompok, namun setidaknya dapat menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar wisata. Sehingga semakin mapan perekonomiannya,” kata Asti, Minggu (24/6/2018).

Karena itulah dia berharap peran serta masyarakat untuk mengembangkan pariwisata di Gunungkidul, dengan memberikan sajian yang menarik wisatawan dan pelayanan yang ramah ke wisatawan. Untuk saat ini yang masih menjadi andalan untuk PAD sektor wisata masih pada wisata pantai. Pada libur lebaran kali ini saja dinilai sekitar 80% kunjungan wisatawan di kawasan pantai.

Salah satu pengelola Taman bunga Nawari di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul Suwargito mengatakan pada Lebaran hingga H+7 jumlah kunjungan sudah mencapai 12.000 wisatawan.

Ia mengaku saat ini memang belum ada kerja sama yang terikat dengan Dinpar Gunungkidul, namun komunikasi dengan dinas terus berjalan dan pejabat dinas juga sudah melihat kondisi taman bunga Nawari.

“Memang belum ada kerja sama khusus, namun pada dasarnya kami mendukung perkembangan wisata yang ada di Gunungkidul. Selain itu dengan wisata ini setidaknya membantu warga juga dapat membuka warung makan minuman disekitaran tempat wisata ini,” katanya.

harianjogja


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau