5 Manfaat Sehat Kolang Kaling Ini Ternyata Hanya Mitos

Lifestyle | DiLihat : 163 | Jumat, 25 Mei 2018 | 11:00
5 Manfaat Sehat Kolang Kaling Ini Ternyata Hanya Mitos

Kolang-kaling banyak dikenal sebagai buah atap. Buah berwarna putih dan bertekstur kenyal ini dihasilkan oleh salah satu pohon palma dari keluarga Arecaceae, yaitu pohon arenatau enau. 

Selain enak, kolang-kaling memiliki kandungan nutrisi yang cukup mumpuni. Dilansir Stylecraze buah ini mengandung beragam nutrisi seperti fosfor, karbohidrat, zat besi, kalsium, dan serat.Berbagai ragam nutrisi yang dikandung kolang-kaling membuat buah ini juga dipercaya memiliki manfaat obat. Bahkan beberapa waktu belakangan, banyak beredar di media sosial soal manfaat kolang-kaling yang mampu mengatasi masalah sendi. Berikut ini 5 mitos dan fakta yang beredar seputar kolang-kaling.


Kolang kaling memperkuat tulang dan mencegah keropos?

"Mitos. Kalsium pada kolang kaling termasuk rendah, selain itu kolang-kaling tidak memiliki kemampuan mengantarkan kalsium madu ke dalam tulang. Zat itu hanya ada di susu,"  ujar pakar gizi klinis DR.dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK akan mengupasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Rabu 16 Mei 2018 pukul 13.00-14.00 WIB.

Kolang kaling dapat membantu turunkan berat badan?

"Mitos. Kalau pun bisa, harus dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tanpa tambahan apa-apa (gula, pewarna, atau sirup). Jika ingin digunakan sebagai pogram diet, bisa dikonsumsi sebelum makan besar."

Selain itu ia mengatakan bahwa saat diet, kolang kaling bisa dikonsumsi sebelum makan besar. Karena meskipun sedikit, kolang kaling mengandung serat dan efek gelatinnya bisa menambah volume dalam lambung sehingga akan merasa kenyang lebih lama.Sebagai obat radang sendi?

"Mitos. Tidak ada kaitannya sama sekali. Mungkin karena bentuknya yang menyerupai gel dan cairan sendi. Tapi itu tidak ada hubungannya."

Tingkatkan stamina dan kebugaran tubuh?

"Mitos. Kalau bicara stamina dan kebugaran tubuh, hal itu kaitannya dengan karbohidrat dan glukosa. Dan dalam kolang-kaling kadar karbohidratnya juga tidak cukup banyak, demikian dengan kadar glukosanya."

Meremajakan kulit?

"Mitos. Karena yang bisa meremajakan kulit itu kaitannya dengan kolagen, dan antioksidan seperti vitamin A, C, dan B tapi dengan ketentuan kadarnya. Dalam kolang-kaling ini vitamin ada, namun kadarnya sangat sedikit sekali."

viva


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau