Asyiknya Ngabuburit dengan Memancing

Potensi Desa | DiLihat : 380 | Kamis, 24 Mei 2018 | 10:28
Asyiknya Ngabuburit dengan Memancing

Bojonegoro - Banyak cara yang dilakukan untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa atau biasa disebut ngabuburit. Biasanya, umat muslim ngabuburit bersama-sama dengan kerabat maupun keluarga. Seperti salah satunya yang dilakukan sejumlah anak di Desa/Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro.

Adalah Muhammad Sevencho Wijayanto Putra (10) memanfaatkan waktu ngabuburit dengan memancing di area persawahan yang tak jauh dari rumah. Setiap sore atau dua jam sebelum adzan Magrib berkumandang mereka berkumpul di persawahan tersebut dengan membawa peralatan mancing. 

Gelak tawa dan rasa riang pun tampak terpancar darinya ketika kail pancingnya ditenggak ikan. "Asik saya dapat ikan," celetuk Seven sapaan akrabnya, ketika berhasil mendapatkan ikan jenis dendeng di persawahan tersebut, Rabu (23/5/2018). 

Ditemani dua rekanya, Fajar (10) dan Nabila Nasyril Umma (9). Seven bersama kedua tamanya sibuk memberikan umpan kepada ikan, meski dengan perut keroncongan. Usai susah payah, dengan penuh kesabaran mereka berhasil mendapatkan enam ekor ikan dendeng. Jumlah itu, hasil dari pancingan mereka bertiga yang digabungkan jadi satu agar kelihatan memperoleh ikan banyak.

"Nanti di rumah digoreng untuk berbuka puasa bersama. Kita sering memancing di sini, tempatnya enak gak berbahaya," tutur Nabila, bersemangat.

Bagi mereka, memancing merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, sembari menati buka puasa. Tak pelak walaupun sekujur badan mereka kotor terkena lumpur tak mereka hiraukan. "Nggak apa-apa kotor. Tadi sudah izin sama ibu. Nggak akan dimarahi kok. Yang penting, pesan ibu hati-hati," ujar Nabila. [lus/suf]

beritajatim


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau