Konsep Pertanian Digital Mulai Dirintis

Inovasi Desa | DiLihat : 368 | Selasa, 15 Mei 2018 | 10:03
Konsep Pertanian Digital Mulai Dirintis

PURWOREJO - Perkembangan teknologi informasi yang terjadi saat ini mulai diarahkan pemanfaatannya untuk pengembangan sektor pertanian. Seperti yang terjadi di Purworejo yang tengah merintis konsep pertanian digital.

Rintisan konsep itu seperti dipaparkan Chief Executif Officer of Supertext, Martin Jacobson didampingi Key Account Direktor of Supertext Indra Nusyirwan di hadapan pemangku kepentingan Pemkab pekan lalu.

Paparan tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama atau Letter of Intent (LoI) antara Pemkab Purworejo dengan Supertext di Jakarta pada beberapa waktu yang lalu.

Martin Jacobson menjelaskan, Supertext menyediakan layanan yang dirancang secara khusus untuk memudahkan para petani di Purworejo mengakses informasi dan layanan digital. Layanan Supertext menyediakan komunikasi menggunakan grup chat antarpetani.

Hal ini membuat setiap petani dapat berkomunikasi menggunakan telepon seluler lama maupun telepon pintar (smartphone). Grup chat dibuat berdasarkan lokasi petani, jenis komoditas pertanian yang ditanam atau kriteria yang lain.

Pengembangan Aplikasi

Martin Jacobson mengaku ingin membantu Purworejo untuk mendigitalisasi pertanian agar dapat lebih efektif dan efisien.

Ada empat konsep yang bisa dimanfaatkan dari program tersebut, yakni untuk komunikasi antarpetani, pusat informasi petani, pusat informasi umum Purworejo dan pusat pertanian pintar.

Menurut data dari Dinkominfo Purworejo, lanjutnya, data jaringan 2G di Purworejo sekitar 90 persen sedangkan 3G baru sekitar 30 persen, apalagi dengan 4G yang lebih kecil lagi.

Kepala Dinas PPKP Purworejo Bambang Asmara Jati menjelaskan, dengan hadirnya para mentor di tingkat kecamatan diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan aplikasi dasar yang diperkenalkan. Selain itu juga agar para mentor dapat lebih dikenal dengan konten yang ada diaplikasi tersebut. (H43- 26)

suara merdeka


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau