Lidah Buaya di Makan Mentah, Amankah?

Lifestyle | DiLihat : 235 | Jumat, 04 Mei 2018 | 10:01
Lidah Buaya di Makan Mentah, Amankah?

SUDAH sejak lama lidah buaya dipercaya sebagai tanaman yang menguntungkan untuk tubuh. Entah itu karena membawa dampak positif bagi kesehatan atau khasiatnya dalam merawat kulit. Berbagai manfaat itu juga sudah dibuktikan lewat sejumlah penelitian.

Manfaat-manfaat itu pun sudah dirasakan oleh mereka yang mengonsumsinya. Cara konsumsi lidah buaya pada beberapa orang mungkin berbeda. Ada yang lebih senang memakannya secara langsung alias mentah. Namun amankah hal itu?Melansir Live Strong, Jumat (4/5/2018), memakan lidah buaya mentah-mentah bisa dikatakan aman. Bahkan di India dan Asia Tenggara cara konsumsi ini adalah hal yang wajar. Hanya saja tanaman ini memiliki efek pencahar alami dalam jangka panjang sehingga konsumsi secara teratur tidak disarankan. Sejumlah penelitian mengungkapkan bila lidah buaya dapat mengobati sembelit dan membantu menurunkan kadar gula darah pada penyakit diabetes tipe 2.Bagi Anda yang senang mengonsumsi lidah buaya secara mentah, ada panduan yang bisa diikuti. Pertama kupaslah kulit bagian luar dari lidah buaya menggunakan pisau tajam. Kemudian potong-potong daging lidah buaya di dalamnya dan selanjutnya bisa langsung dimakan. Namun ingat, sebelum dimakan ada baiknya daging lidang buaya dibilas dulu dengan air bersih agar tidak terlalu lengket.

Selain dimakan mentah, daging lidah buaya juga bisa dibuat jus. Campurlah potongan daging lidah buaya dengan air putih kemudian diblender. Sekadar informasi, daging lidah buaya memiliki rasa sedikit pahit. Untuk menghilangkan rasa pahit Anda bisa merendamnya semalaman. Atau bisa juga ditambahkan dengan buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau bahkan anggur.Potongan daging lidah buaya juga bisa ditambahkan pada salad seperti halnya rumput laut. Sifat sejuk alami dari tanaman ini dapat menambah kelezatan salad. Anda bisa juga memakan lidah buaya dengan cara memasaknya. Daging lidah buaya sering direbus bersama dengan sup atau ditumis dan teksturnya menjadi lebih lembut.

okezone


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau