Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Konsumsi Buah dan Sayur Mentah

Lifestyle | DiLihat : 93 | Jumat, 27 April 2018 | 14:02
Tingkatkan Kesehatan Mental dengan Konsumsi Buah dan Sayur Mentah

Berdasarkan riset, diet tinggi buah-buahan dan sayuran segar sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dibandingkan dengan makanan yang dimasak, dikemas dalam kaleng, dan olahan. Konsumsi buah dan sayuran mentah dapat menurunkan gejala penyakit mental seperti depresi dan peningkatan tingkat kesejahteraan psikologis.Meskipun mengonsumsi sayuran yang dimasak juga baik untuk kesehatan, proses memasak dapat menurunkan kualitas nutrisi tertentu, seperti vitamin C. Selain itu, proses memasak juga dapat membunuh enzim penting untuk pencernaan. Bahkan, beberapa ahli kesehatan juga percaya bahwa diet makanan mentah bisa menjadi gaya hidup yang mendorong lebih banyak konsumsi makanan alami.

Konsumsi makanan mentah dianggap baik untuk menurunkan berat badan karena makanan ini rendah lemak dan kalori dibanding makanan yang telah dimasak. Menurut riset yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology, mempertimbangkan cara pengolahan makanan juga menjadi hal penting ketika menyangkut masalah kesehatan mental.


“Penelitian kami telah menyoroti bahwa konsumsi buah dan sayuran yang belum diolah terkait erat dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan buah atau sayuran yang dimasak, dikemas dalam kaleng, dan telah diolah,” ucap Tamlin Conner, dosen psikologi senior di University of Otago, New Zealand, seperti dikutip Kompas.

Conner percaya bahwa hal ini disebabkan cara memasak atau mengolah buah dan sayuran memiliki potensi untuk mengurangi tingkat gizi. “Ini mungkin membatasi pengiriman nutrisi yang penting untuk fungsi emosional yang optimal,” lanjut dia.

Menurutnya, hasil riset ini penting digunakan sebagai pendekatan gaya hidup yang dapat memberikan akses mudah, aman, dan membantu meningkatkan kesehatan mental. Sebagai alternatif, Conner menyebut sayur dan buah-buahan seperti wortel, pisang, dan apel. Selain itu, sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, jeruk bali, selada, buah jeruk, buah berry, mentimun, dan buah kiwi, mereka adalah makanan mentah utama yang dipercaya mampu membantu mengatasi masalah kesehatan mental.

pertanianku