Ketika Bekasi Tak Ingin Curug Parigi Sebatas Spot Foto

Potensi Desa | DiLihat : 504 | Jumat, 27 April 2018 | 11:40
Ketika Bekasi Tak Ingin Curug Parigi Sebatas Spot Foto

Mungkin banyak orang belum menyadari, kalau Bekasi, Jawa Barat, nyatanya memiliki air terjun alami. Namanya Curug Parigi yang sering kali disebut oleh traveler sebagai Niagara mini, mengingat struktur airnya yang melebar.

Keunikan inilah yang membuat destinasi yang satu ini booming di masyarakat, bahkan sering kali digunakan sebagai lokasi untuk berfoto.Melihat potensi yang dimiliki Curug Parigi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, tengah berupaya mengembangkan sektor wisata alam yang terletak di Kecamatan Bantargebang, supaya tidak terbatas hanya pada aktivitas tempat berfoto saja.

"Saat ini Curug Parigi hanya terbatas pada aktivitas 'selfie' pengunjungnya, sebab nuansa alamnya yang masih sangat natural belum bisa benar-benar dinikmati secara langsung oleh pengunjung," kata Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Kota Bekasi Agus Enap di Bekasi, Kamis (26/4).

Curug Parigi yang berlokasi di Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang itu memiliki potensi alam berupa air terjun mini di aliran Kali Bekasi yang terbentuk secara alami melalui sedimentasi.

Objek tersebut terdeteksi oleh pihak daerah sejak 2016, setelah penampakannya menjadi viral di sejumlah media sosial.

"Banyak warga yang datang ke sana hanya bisa mengambil gambar tanpa turun ke sungai untuk berendam, sebab kontaminasi limbah di Kali Bekasi saat ini masih terbilang tinggi," katanya.

Selain itu, akses jalan menuju Curug Parigi saat ini masih dikuasai sebagai aset warga sehingga sulit bagi pihaknya melakukan pembenahan jalan tanpa pembebasan.

Tingginya animo warga setempat untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata, mendorong pihaknya untuk melakukan restorasi Curug Parigi melalui alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 senilai Rp25 milyar.

"Kita kerja sama dulu dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi dalam upaya menetralisasi pencemaran limbah industri dan rumah tangga di Curug Parigi," katanya.

Selain itu, alokasi dana restorasi, sebagiannya akan diperuntukkan bagi pembebasan akses jalan menuju Curug Parigi dan pembuatan sejumlah menara pantau serta saung.

"Kita juga akan garap taman yang nyaman bagi pengunjung untuk berlama-lama di sana. Studi kelayakannya sudah keluar," katanya.[]

travel.akurat 


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau