Festival Sungai Desa Sirnoboyo, Wisata Berbasis Kearifan Lokal Pacitan

Potensi Desa | DiLihat : 167 | Rabu, 25 April 2018 | 10:22
Festival Sungai Desa Sirnoboyo, Wisata Berbasis Kearifan Lokal Pacitan

Ratusan orang berkotor-kotor ria menangkap ikan di sawah. Wajah dan tubuh mereka belepotan lumpur. Kotor bukan masalah, mereka sedang berlomba menangkap ikan (gogo). Para penonton terus bersorak memberikan semangat pada para peserta lomba. 

nilah gambaran keseruan Festival Sungai Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Masyarakat antusiasme beragam acara festival, seperti lomba menangkap ikan. Festival Sungai Desa Sinarboyo selalu diselenggarakan dengan hari libur nasional sehingga menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Pacitan.

Pada 2017, Pemerintah Desa Sirnoboyo menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Komunitas Pacitan Sehat, dan Komunitas Hijau dalam penyelenggaraan festival sungai. Selain lomba menangkap ikan, ada juga lomba perahu hias, cipta menu makanan tradisional, terjun sarung, dan bersih-bersih sungai.

Pemerintah Desa Sirnoboyo berharap kegiatan ini menggugah pertisipasi masyarakat dalam pemberdayaan sungai. Pemberdayaan sungai, tidak sekadar upaya menjaga kelestarian alam, tapi meningkatkan produktivitas masyarakat petani sebagai pengguna air. Terlebih, tingkat polusi sungai-sungai di Pacitan terus meningkat akibat sampah dan limbah.

Festival sungai juga memperkenalkan Program Desa Pesisir Tangguh Bencana yang dipromosikan oleh pemerintah desa. Kini, Festival Sungai Desa Sirnoboyo telah menambah ragam wisata di Kabupaten Pacitan.


inovasidesa 



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau