Hati-hati, Kopi Bikin Kamu Gagal Diet

Lifestyle | DiLihat : 222 | Jumat, 20 April 2018 | 09:55
Hati-hati, Kopi Bikin Kamu Gagal Diet

Jakarta – Bagi sebagian orang, meminum segelas kopi di pagi hari sama pentingnya dengan sarapan. Bila kebiasaan ini terlewat, terkadang ada perasaan pusing, sulit berkonsentrasi, hingga mengantuk saat menjalani aktivitas.

Tapi, hal yang perlu kamu ketahui ialah, secangkir kopi mengandung 200 kalori. Itu pun jika kamu sudah cukup dengan secangkir kopi. Bagaimana kalau dua cangkir? Yes, 400 kalori.

Saat sarapan pun kamu tak cukup hanya dengan secangkir kopi. Masih ada menu utama yang biasanya kamu nikmati bersamaan dengan kopi, misalnya makanan tradisional seperti nasi uduk, gorengan, atau jajanan pasar. Total kalorinya ialah 700 kalori.

Vice President Worldwide Sports Performance & Fitness Herbalife Samantha Clayton mengatakan, jika kebiasaan ini terus-menerus dilakukan, maka artinya kamu sudah mengonsumsi hampir 1.000 kalori setiap pagi. Sementara kebutuhan kalori harian hanya 1.500-1.800 kalori.

“Rata-rata ukuran kopi yg anda beli adalah 400 kalori per cangkir. Jadi kalau anda punya makanan tradisional yang mengandung 700 kalori, anda sudah memiliki hampir 1000 kalori, namun belum bergerak (olahraga-red),” kata Samantha.

Sementara olahraga alakadarnya tak cukup untuk membakar kalori. Pelatih fisik Cristiano Ronaldo ini menjelaskan, olahraga selama satu jam hanya membakar 200-250 kalori. Kata Samantha, setidaknya butuh dua jam berolahraga.

“Sulit mencapai target kalau kelebihan kalori di pagi hari,” ujarnya.

Sebagai gantinya, Samantha menyarankan supaya kebiasaan minum kopi diiringi dengan sarapan sehat. Dalam hal ini, kamu harus mengutamakan makanan dengan kandungan protein tinggi dan sayuran atau buah kaya serat, ketimbang menumpuk karbohidrat.

“Protein itu nutrisi utama. Penting untuk tubuh kita. Hidangkan ayam dan daging di piring Anda. Karena protein membuat Anda kenyang lebih lama,” sarannya

jurnas