Tujuh Manfaat Konsumsi Melon Kuning

Lifestyle | DiLihat : 182 | Senin, 16 April 2018 | 11:06
Tujuh Manfaat Konsumsi Melon Kuning

JAKARTA -- Melon musk atau keluarga melon kuning seperti honeydew, crenshaw, and casaba, merupakan buah yang manis dan enak untuk dikonsumsi. Buah ini juga mengandung banyak asam folat yang memiliki efek anti-koagulan.

Ahli gizi Apoorva Saini dari Santoshiarogyam Diet E Clinic, New Delhi, dan Dr Aditi, ahli gizi dari Rumah Sakit Columbia Asia, Ghaziabad, kemudian memberi beberapa alasan lagi untuk mengonsumsi melon yang lezat dan manis ini.

Meredakan kram otot saat menstruasi

Seperti dikutip dari The Indian Express, melon musk mengandung banyak asam folat yang memiliki efek anti-koagulan. Ini membantu dalam melarutkan gumpalan darah, mengurangi retensi air dan mengurangi kram otot. Mengonsumsi melon musk juga membuat terhindar dari rasa sakit.

Penglihatan tajam

Kandungan kaya vitamin A di melon musk hadir dalam bentuk beta-karoten. Beta-karoten baik untuk penglihatan dan rendah kemungkinan terjangkit katarak. Vitamin A juga bermanfaat untuk sel-sel epitel kulit dan membuat mata sehat.

Membangun kekebalan dan menghentikan penuaan dini

Melon musk mengandung Vitamin C. Vitamin itu membantu meningkatkan kekebalan dengan merangsang dan meningkatkan sel darah putih yang membantu menghancurkan virus dan bakteri. Ini juga menghentikan penuaan dini dan mencegah sakit maag.

Mengurangi sembelit

Musim panas dengan suhu yang melonjak dapat menyebabkan stroke panas dan gangguan perut. Belum lagi makanan berlemak yang mungkin dikonsumsi dan masalah saluran pencernaan adalah hal yang dapat menyebabkan sembelit. Kandungan serat melon musk membantu menambah jumlah makanan dan mengurangi konstipasi.

Mempertahankan keseimbangan elektrolit

Seseorang cenderung lebih banyak berkeringat di musim panas. Hal itu dapat menyebabkan hilangnya mineral dari tubuh. Kandungan natrium dan kalium dalam melon musk membantu menjaga keseimbangan elektrolit.

Membersihkan ginjal dan mencegah batu

Oksulin yang ada dalam melon musk memberikan perlindungan dari batu ginjal dan gangguan ginjal. Kandungan kelembaban tinggi dalam buah berair dapat membersihkan ginjal.

Mencegah penyakit jantung

Adenosin hadir dalam melon musk bertindak sebagai pengencer darah dan pemecah gumpalan sehingga mencegah penyakit jantung. Satu orang dapat memakan sekitar 250-300g melon musk setiap hari.

Namun, Saini menyarankan pasien diabetes untuk tetap dengan jumlah yang lebih kecil dari 100-150 gram apabila ingin memakannya dan menghindari buah yang terlalu matang.

republika