'Mimpi' Menteri Amran Berdayakan Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelola Pangan

Ekonomi | DiLihat : 252 | Selasa, 10 April 2018 | 10:15


Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kementerian Pertanian menyasar lebih dari 1.500 desa di seluruh Indonesia.

Hal ini menurut Amran untuk memberikan solusi dari mahalnya harga komoditas di pasaran. Selain itu untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga yang memiliki lahan di halaman dan pekarangan rumah untuk dimanfaatkan bertani."KRPL sudah di 1.500 desa di seluruh Indonesia yang kami fokus ini dulu. Masih ingat cabai naik? sekarang nggak karena rumah tangga seluruhnya terutama di Jakarta kami ajak. Kami terima kasih kepada ibu PKK, Dharmawanita dan hampir seluruh organisasi perempuan yang terlibat sosialisasi program ini," ujar Menteri Amran di Jakarta, (9/4).

Melalui program ini, Kementan ingin memberdayakan masyarakat khususnya rumah tangga untuk bertani mandiri. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan harian berupa sayur-mayur dan bumbu. Pemerintah memberikan sejumlah bantuan baik berupa bibit, pupuk dan lainnya.

"Kami beri bantuan benih 10 juta batang di seluruh Indonesia. Ada 5 pot untuk satu rumah," tambah dia.

Menteri Amran menambahkan bahwa ia ingin agar ibu rumah tangga produktif dan mampu memanfaatkan keterbatasan lahan untuk menghasilkan kebutuhan sehari-hari. Sebab dengan menanam sendiri ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan.

Selain itu, ibu rumah tangga bisa melakukan saving terhadap penghasilan bulanannya dari program KRPL itu.

"Ya mimpi kami ibu rumah tangga ini produktif ada cabe ada sayur nggak usah beli di pasar karena apa pertama bisa save dan bisa menyimpan uangnya kedua sehat dan sayurannya segar," pungkasnya.[]

ekonomi.akurat


PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau