Pakan untuk Jangkrik agar Tumbuh Subur dan Cepat Panen

Peluang Usaha | DiLihat : 138 | Senin, 02 April 2018 | 10:57
Pakan untuk Jangkrik agar Tumbuh Subur dan Cepat Panen

Apakah Anda sedang mencari tahu pakan untuk jangkrik agar mendapatkan hasil yang maksimal? Di dalam usaha ternak jangkrik, semakin cepat Anda panen, maka akan semakin bagus. Sebab, selain menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat biaya pakan yang tidak terlalu banyak seiring bertambahnya umur jangkrik. 

Masa panen jangkrik sebenarnya bukan ditentukan oleh umur jangrik. Namun, lebih kepada masa fase pergantian kulit yang terakhir atau biasa disebut dengan jangkrik clondo.

Pada umumnya, jangkrik dapat dipanen sekitar umur 28—30 hari. Namun, dengan pakan yang baik dan perawatan yang bagus, maka jangkrik dapat dipanen dengan umur 22—25 hari saja.

Lalu, makanan jangkrik apa yang paling bagus agar jangkrik dapat dipanen dengan usia yang sesingkat mungkin? Berikut ini ulasannya.

1. Konsentrat ayam/voor ayam (makanan utama)

Sebaiknya voor ayam yang dipakai adalah produk Phokpan 511 yang dihaluskan. Semakin halus, maka semakin bagus karena mudah dicerna. Kenapa memilih voor ayam 511? Sebab, voor ini memiliki kandungan gizi paling cocok untuk makanan jangkrik. Selain itu, harganya juga masih dapat dijangkau untuk hasil paling bagus. Dari segi harga juga tidak telalu mahal, juga tidak murah.

Voor adalah makanan wajib karena merupakan makanan utama yang mempercepat pertumbuhan jangkrik. Jika Anda ingin menggunakan konsentrat yang lain, juga tidak apa-apa. Misalnya, pakan puyuh dan semacamnya. Akan tetapi, untuk pakan ikan (pelet) sebaiknya tetap diberikan campuran voor ayam/puyuh agar mempermudah pencernaan.

2. Sayuran/hijauan (makanan pendamping)

Sayuran di sini sedikit berbeda dengan yang diartikan untuk manusia. Sayuran yang dimaksud ialah makanan pendamping atau yang mengandung air untuk pengganti minum.

Mengapa harus diberi sayur? Karena di habitat aslinya, jangkrik memakan tumbuhan seperti krokot dan daun yang segar. Maka, dalam budidaya jangkrik, makanan pendamping berupa hijauan juga harus selalu menjadi menu utama.

Beberapa makanan hijauan yang bisa Anda berikan untuk jangkrik di antaranya buah pepaya muda yang diiris tipis, daun pepaya segar muda dan tua, pohon pepaya diambil daging bagian dalam, daun pisang, gedebog pisang (hanya untuk tambahan), daun ketela, sawi putih, gambas, dan lain-lain.

pertanianku



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau