Padi Raksasa, Tinggi Hingga 2 Meter dengan Bulir Banyak

Ekonomi | DiLihat : 655 | Rabu, 21 Maret 2018 | 10:03
Padi Raksasa, Tinggi Hingga 2 Meter dengan Bulir Banyak

Baru-baru ini, dunia pertanian kembali mendapat kabar gembira, yakni dengan adanya padi raksasa. Padi tersebut merupakan varietas baru jenis PM 1.

Pengalaman memiliki tanaman padi raksasa itu dialami oleh Diaudin Aridowi (24), warga Dusun Bebekan, Desa Combong, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Padi yang ditanamnya tumbuh besar, tinggi padi itu bahkan melebihi tinggi badan Udin (sapaan akrab Diaudin) dan bulirnya pun banyak.

Udin mengaku, ini pertama kalinya ia menanam padi jenis PIM 1. Dia sangat senang, ternyata padi yang ditanamnya tumbuh subur dan kini tingginya sudah mencapai 185 sentimeter.

Menurut keterangan udin, ia menanam padi varietas tersebut di lahan berukuran 14 meter × 1 meter. Ia menyebut bahwa ini merupakan uji cobanya sebab belum pernah ada yang menanam padi jenis PM 1 ini.

“Kata temen saya, masa panen padi jenis ini memang lebih lama seminggu daripada padi biasanya. Tapi produksinya lebih banyak dan lebih tahan hama,” kata Udin di tepi sawahnya seperti dikutip Detik, Senin (11/3/2018).

Ia menuturkan, bibit padi PM 1 itu ia dapatkan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Boing Kristiawan, warga Ngegong, Desa Gedok, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Sementara itu, masa panen padi jenis ini memang lebih lama dibanding padi pada umumnya, yakni 120 hari. Padahal, padi biasa hanya 105 hari.

Kelebihan dari padi jenis PIM 1 ini, yaitu lebih banyak menghasilkan bulir. “Dalam satu batang bisa berisi 800 sampai 900 bulir padi. Kalau padi umumnya, satu batang hanya berisi 125 sampai 200 bulir,” ungkap Udin.

Sejauh ini, perkembangan padi yang ditanam Udin cukup menggembirakan. Padi itu tampak jangkung dibanding padi-padi lainnya yang hanya memiliki tinggi rata-rata 70 sentimeter.

Udin berharap, saat panen nanti bisa berhasil. Jika hasilnya sepadan dengan masa tanam dan panen, maka ia akan meneruskan menanam padi jenis PM 1 ini di lahan yang lebih luas. Para petani di daerahnya menurut Udin, akan menanam padi jenis serupa.

pertanianku



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau