Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lifestyle | DiLihat : 200 | Rabu, 21 Maret 2018 | 10:01
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Belimbing wuluh dikenal sebagai salah satu pelengkap masakan yang cukup digemari banyak orang. Manfaat belimbing wuluh sebenarnya tak hanya sebagai bahan masakan, tapi juga sangat baik untuk mengatasi beberapa penyakit. Selain itu, bisa dimanfaatkan juga untuk kecantikan.

Belimbing wuluh memang dikenal dengan rasanya yang asam namun menyegarkan. Berikut ini beberapa manfaat belimbing wuluh yang sangat baik untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Mengobati batuk

Penyakit batuk bisa menyerang siapa saja, terutama anak-anak karena mereka rentan terhadap penyakit ini. Nah, anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberikan pengobatan dengan belimbing wuluh.

Caranya, siapkan 3 butir belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran tersebut ditim selama beberapa jam. Setelah dingin, saring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.

Mengatasi diabetes

Belimbing wuluh sangat efektif untuk mengatasi dan menekan diabetes karena zat asam yang terkandung di dalamnya. Untuk mengatasi diabetes, gunakan 6 buah belimbing wuluh yang dilumatkan, lalu rebus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari.

Efektif untuk mengobati sakit gigi

Efek belimbing wuluh untuk membantu meredakan sakit gigi sangat ampuh. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk belimbing dan meletakkannya pada gigi yang berlubang atau sakit.

Mengatasi jerawat

Belimbing wuluh sangat baik untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat yang sedang membandel. Zat asam yang terdapat pada belimbing mungkin akan memberi efek sakit pada jerawat aktif. Namun, kandungan anti-oksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan dan menyamarkan jerawat yang ada di wajah.

Mengatasi panu

Belimbing wuluh memiliki sifat antijamur yang sangat ampuh untuk membantu dalam menghilangkan panu secara bertahap. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan belimbing wuluh yang sudah diparut pada panu yang terdapat pada kulit Anda.

Mencegah hipertensi

Belimbing wuluh sudah digunakan oleh masyarakat tradisional untuk membantu menuntaskan masalah tekanan darah tinggi. Caranya cukup mudah, rebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air hingga menjadi 1/2 gelas. Lalu, minum setiap hari 1 kali hingga tekanan darah berkurang.

Mengatasi sariawan

Memang cukup ekstrem jika menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan karena akan terasa perih. Namun, banyak yang percaya bahwa buah dengan rasa asam tersebut cukup efektif untuk menghilangkan sariawan secara cepat.

pertanianku



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau