Yuk Berkunjung ke Desa Pelopor Wisata Edukasi di Bogor

Potensi Desa | DiLihat : 1689 | Jumat, 16 Maret 2018 | 10:22
Yuk Berkunjung ke Desa Pelopor Wisata Edukasi di Bogor

Weekend berarti waktu untuk keluarga, yang bisa dihabiskan untuk berkumpul dan jalan-jalan bersama. Tapi, kalau pengennya jalan-jalan sambil belajar, terutama untuk mengajarkan tentang alam, seni, sambil kumpul-kumpul asik. Nah, bagaimana kalau mencoba berwisata ke Kampoeng Wisata Cinangneng, sebuah objek wisata di Bogor dengan konsep agrowisata.

Meskipun banyak lokasi wisata edukasi dan alam di Bogor, namun tempat yang satu ini tetap menjadi favorit bagi turis asing dan lembaga pendidikan serta keluarga. Untuk itu sebagai salah satu pelopor edukasi ke desa-desa di Bogor, kampung wisata Cinangneng patut dikunjungi.

Kampoeng Wisata Cinangneng merupakan tempat wisata edukasi bernuansa pedesaan dan terletak dipinggiran Kota Bogor. Objek wisata ini melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan wisatanya.

Kegiatannya berupa keliling ke desa-desa sekitar, menanam padi dan memandikan kerbau. Nah kalau kegiatan seninya, berupa bermain gamelan, membuat wayang dari daun singkong, membuat makanan dan minuman tradisional khas Bogor.

Kegiatan utamanya adalah mengenalkan seni dan budaya lokal sambil bersantai. Konsep agrotourism ini semakin terasa karena didukung oleh lokasi dan tempat yang jauh dari hingar bingar perkotaan.

Lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng ini berada di sebelah Barat Kota Bogor, atau tepatnya di Jalan Babakan Kemang Rt 01/02, Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor.

Tidak jauh dari kampus IPB Dramaga, sahabat sporto bisa ke arah Cibanteng, kemudian masuk ke Desa Cihideung Udik dari Jalan Raya Cibanteng.

Fasilitas yang disediakan ditempat ini berupa kebun, sawah, sungai, penginapan, kafe dan gift shop. Fasilitas pendukungnya antara lain saung atau pendopo, tempat parkir dan toilet.

Kampoeng Wisata Cinangneng menawarkan beberapa program untuk wisatawan, diantaranya program Poelang Kampoeng, program Saya Pun Berasal dari Desa serta paket menginap dan ronda, paket pendamping serta paket menginap permalam. Adapun jika perorangan dikenakan tarif masuk Rp20.000.

Beberapa program banyak diminati lembaga pendidikan mulai dari kelompok bermain hingga mahasiswa dalam dan luar negeri. Tempat ini ramai pada saat weekdays karena banyak sekali anak-anak sekolah datang untuk fieldtrip mengenalkan budaya asli Indonesia.

sportorism