Maksimalkan Pekarangan Rumah, PKK Ajak Warga Menanam Cabai dan Sayuran

Ekonomi | DiLihat : 397 | Rabu, 14 Maret 2018 | 12:35
Maksimalkan Pekarangan Rumah, PKK Ajak Warga Menanam Cabai dan Sayuran

TANJUNG REDEB - Guna mengembangkan potensi di lingkungan masyarakat, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Segah, menerapkan pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Ketua TP PKK Kecamatan Segah Deviyanti mengatakan, dari 10 program tersebut, dirinya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah. “Setidaknya masing-masing warga bisa menata keindahan dengan menanam bunga atau sayuran. Minimal dengan menanam cabai dan sayuran, sehingga masyarakat tidak lagi membeli, tapi mereka bisa menanam sendiri,” ungkapnya kepada Berau Post kemarin (13/3).  

Menanam sayuran dan cabai, sangat membantu masyarakat memenuhi pangan rumah tangga. Karena ketersediaan komoditi ini menjadi salah satu yang utama dicari masyarakat. Bahkan cabai yang harganya sering melonjak, jadi salah satu pemicu inflasi di daerah.

Untuk itu, masyarakat didorong bercocok tanam dengan memanfaatkan perkarangan rumah.

“Saya sendiri sudah melakukan gerakan menanam sayur dan cabai ini, dan saya lihat beberapa masyarakat juga telah melakukan. Tapi tidak sedikit juga yang masih malas melakukannya,” ungkapnya.

Dijelaskannya beberapa kampung di Kecamatan Segah juga memiliki potensi kerajinan yang potensial untuk bisa dikembangkan. Dirinya juga mengharapkan kerja sama dengan PKK kampung, untuk mengembangkan kerajinan masyarakat tersebut.

“Banyak kerajinan yang dihasilkan dari Kecamatan Segah ini yang bisa dikembangkan bersama-sama Dekranasda, sehingga ikut mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” tutupnya. (sin/udi)

beraupost



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau