Investasi Pola Kemitraan Prukades Rp47 T

Kabar Desa | DiLihat : 248 | Jumat, 09 Maret 2018 | 12:42
Investasi Pola Kemitraan Prukades Rp47 T

JAKARTA, NNC - Pola Kemitraan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (prukades) telah dilakukan penandatanganan dari pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo menyebut hasil penandatanganan kerja sama itu mencapai Rp47 triliun. Jumlah tenaga kerja yang terserap pun diperkirakan mencapai belasan juta.

"Kerja sama yang kita tandatangani hari ini, kita hitung-hitung investasinya mencapai Rp 47 triliun, dan bisa menyerap hampir 10 juta tenaga kerja," ujar Eko saat ditemui di sela-sela acara Jakarta Food Security Summit (JFSS) ke 4, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Peran Kemendes PDTT dalam acara ini, khususnya dari segi alokasi dana. Menteri Eko menyebut dana desa yang diberikan kepada daerah, akan lebih difokuskan untuk membangun infrastruktur, yang menunjang pertumbuhan ekonomi desa.

"Kementerian kami kan ada dana desa, yang biasanya dipakai untuk membangun jalan, posyandu, dan lainnya. Jadi sekarang kami minta agar dana desanya ditujukan pada pembuatan infrastruktur yang menunjang pertumbuhan ekonomi desa. Itu kita kaitkan dengan program kementerian lainnya juga, dan dunia usaha," paparnya.

Meski demikian, Eko tidak menampik jika masih adanya permasalahan penyaluran dana desa yang tersendat, akibat berbagai masalah di tingkat desa menjadi suatu permasalahan.

"Itu mengganggu sebetulnya, dan saya sudah berkoordinasi dengan Menteri dalam negeri, dan Menteri keuangan juga. Karena masih banyak bupati yang belum mengeluarkan perbup terkait dana desa ini. Saat ini baru separuh dari tahap pertama yang cair," jelasnya.

netralnews