Tanaman Juga Bisa Stres

Lifestyle | DiLihat : 225 | Kamis, 08 Maret 2018 | 11:05
Tanaman Juga Bisa Stres

Stres seringkali menyerang manusia. Namun, ternyata tak hanya manusia, tanaman juga bisa stres, lho. Lantas, apa sebenarnya penyebab tanaman jadi stres?  


Tanaman bisa menderita stres apabila kondisi lingkungan tidak sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Lalu, apa lagi ya penyebab tanaman menjadi stres? Tanaman bisa mengalami stres apabila terdapat racun atau hama yang mengganggu pertumbuhannya. Selain itu, kekurangan nutrisi pada tanaman dan cuaca yang terlalu panas juga dapat menjadi penyebab stres pada tanaman. 


Apa itu stres pada tanaman?

Stres pada tanaman adalah kondisi dimana tanaman yang tidak mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan tempat ia tumbuh. Stres yang terjadi pada tanaman ini akan membuat tanaman terlihat lesu, tidak menghasilkan buah ataupun bunga, bahkan tanaman tersebut bisa mati.

Hal itu disebabkan tanaman tidak mampu menghasilkan makanan dan melakukan fotosintesis dengan baik. Lalu, faktor lingkungan di sekitarnya juga tidak mendukung tanaman untuk bertumbuh.

Seperti apa tanda-tanda stres pada tanaman?

Tanda-tanda stres yang terjadi pada tanaman di antaranya daun-daun yang layu, permukaan daun kasar, ujung daun yang mengering, terdapat bercak hitam, dan tidak berbunga. Tak hanya tanaman, bibit tanaman pada umumnya akan mengalami stres sesaat setelah dipindahtanamkan ke lahan yang lebih luas.

Nah, jika begitu, lalu bagaimana supaya tanaman tidak stres?

Caranya mudah antara lain dengan melindungi tanaman dari hama, tidak memotong batang tanaman, memberikan nutrisi dengan baik. Selain itu, Anda juga harus meletakkan tanaman di tempat yang mendapatkan cukup cahaya matahari, dan menyesuaikan kebutuhan cahaya serta air pada tanaman.

pertanianku