Keuntungan Menanam Pohon

Lifestyle | DiLihat : 256 | Rabu, 07 Maret 2018 | 14:19
Keuntungan Menanam Pohon

Pohon sebenarnya memiliki manfaat dari berbagai sisi. Karena memiliki banyak manfaat, maka penting bagi kita untuk menanam pohon. Nah, apa sih keuntungan menanam pohon untuk kita? 

Anda mungkin sudah sangat mengertti bahwa pohon berperan penting dalam kehidupan kita. Selain sebagai sumber oksigen, pohon juga menjadi penyejuk saat matahari bersinar dengan teriknya.

Selain itu, masih ada manfaat lainnya dari pohon yang memberi keuntungan bagi makhluk hidup ataupun lingkungan. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Sumber oksigen

Kita semua tahu, semua makhluk hidup pasti membutuhkan oksigen. Dalam hal ini, pohon berfungsi sebagai penyumbang oksigen. Coba saja Anda bayangkan bagaimana jadinya jika kita hidup tanpa oksigen? Pasti akan terasa sesak.

2. Memperindah lingkungan

Selain memberikan oksigen dan menyejukkan kala siang hari, pohon juga membantu memperindah lingkungan sekitar. Dengan adanya pohon, maka membuat lingkungan sekitar menjadi sejuk dan indah untuk dipandang.

3. Mengurangi dampak pemanasan global

Keuntungan lainnya dari menanam pohon, yaitu dapat mengurangi dampak pemanasan global. Pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global.

4. Menyerap polusi udara

Pohon membantu mengurangi polusi udara. Asap-asap hasil kendaraan bermotor akan langsung diserap oleh pohon dan kemudian diproses menjadi oksigen yang baik untuk makhluk hidup lainnya. Selain itu, pohon dapat berguna sebagai pemecah sirkulasi angin. Pemecahan sirkulasi ini supaya udara tersebar merata dalam satu kawasan.

5. Menyediakan tempat tinggal hewan

Dengan menanam pohon, sama saja dengan kita membantu melestarikan tempat hidup binatang seperti burung, tupai, lebah, dan ular. Di samping itu, pohon mempunyai kemampuan menyimpan air dalam tanah. Air yang disimpan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya.

6. Mencegah banjir

Pohon juga membantu penghijauan untuk mencegah banjir serta mengurangi dampak dari hujan asam. Dan, pohon yang memiliki akar serabut berguna untuk mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor.

Nah, banyak bukan keuntungan menanam pohon? Maka dari itu, jangan lupa untuk menanam pohon di halaman rumah, ya.

pertanianku



PROFIL DESA

Temukan juga kami di

Jajak Pendapat

Apakah kebiijakan pemerintah saat ini sudah mendukung kesejahteraan petani ?
  Sudah Mendukung
  Belum
  Tidak Tau