Inovasi Baru, Kayu yang Lebih Kuat dari Besi

Inovasi Desa | DiLihat : 398 | Senin, 05 Maret 2018 | 12:10
Inovasi Baru, Kayu yang Lebih Kuat dari Besi

Seiring perkembangan zaman, para peneliti terus berinovasi untuk menemukan hal-hal baru sebagai penunjang kebutuhan makhluk hidup. Baru-baru ini, peneliti dari Universitas Maryland, College Park, membuat kayu yang lebih kuat dari besi

Peneliti telah menemukan cara untuk menjadikan kayu lebih keras dari besi. Saat dilakukan tes dengan peluru, kayu ini bahkan hanya tertekuk sebagian, tidak bolong seperti kayu pada umumnya.

Mereka mengaku, telah berhasil membuat kayu 10 kali lebih kuat dari titanium alloy dengan menjaga bobot kayu agar tetap ringan. 

“Kami menghembangkan teknik densifikasi yang sama sekali baru, dengan kombinasi bahan kimia dan proses pengepresan panas (lebih dari 100 derajat Celcius),” jelas Liangbing Hu, pemimpin tim penelitian ini, seperti dikutip Digital Trends.

“Hasilnya adalah fitur kayu yang dikeraskan dengan ketahanan tinggi dan struktur laminasi dengan dinding sel yang saling terjalin yang terikat tanpa celah,” ujar dia melanjutkan.

Kayu yang dinamakan “Inventwood” ini telah membantu komersialisasi teknologi kayu yang telah dikembangkan kampus tersebut.

Dengan demikian, kayu ini bisa digunakan sebagai material alternatif untuk perkakas yang membutuhkan ketangguhan besi, namun tetap ringan dan memiliki tekstur khas kayu.

Penelitian mengenai kayu ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature yang berjudul, “Memproses kayu alami menjadi material berstruktur performa tinggi.”

pertanianku